Matahari Di Atas Kakbah Terjadi Pekan Ini, Waktunya Revisi Arah Kiblat

Ahmad Muhajir , Okezone
Matahari di atas Kakbah terjadi pekan ini, waktunya revisi arah kiblat (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Matahari dilaporkan posisinya akan berada tepat di atas Kakbah, berlangsung pada 15 Juli 2022 mendatang. Momen ini, merupakan waktu untuk merevisi arah kiblat.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN (LAPAN), Andi Pangeran, menyampaikan bahwa Kakbah merupakan bangunan suci yang terletak di dalam Masjid Al-Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Kakbah menjadi kiblat bagi seluruh umat muslim di dunia, sehingga di mana pun seorang muslim berada, bakal menghadap ke satu tempat yang sama meski arahnya berbeda-beda.

"Pada tanggal-tanggal tertentu, Matahari akan berada di atas Kakbah saat tengah hari sebanyak dua kali dalam setahun," kata Andi dalam keterangannya, dikutip Senin (11/7/2022).

Andi menyatakan, secara astronomis fenomena ini terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama atau kecil selisihnya dengan lintang geografis Kakbah.

Hal ini, terjadi karena sumbu rotasi Bumi memiliki kemiringan terhadap bidang edar Bumi atai ekliptika, akibatnya mengalami pergerakan semu tahunan bervariasi terhadap khatulistiwa. Variasi pergerakan semu tahunan ini, disebut deklinasi Matahari.

"Ketika deklinasi Matahari bernilai sama atau selisihnya kecil dengan lintang geografis pengamat, Matahari akan berada tepat di atas kepala pengamat (zenit) saat tengah hari. Fenomena ini juga bisa disebut Kulminasi Agung (Great Culmination/Istiwa'ul A'zham)," ujarnya.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network