IPO Saham Klinko Karya (KLIN), Debut Perdana Malah ARB

Dinar Fitra Maghiszha
Klinko Karya Imaji IPO (Foto: Freepik)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) langsung anjlok pada pembukaan perdagangan Selasa (9/8/2022). KLIN resmi mencatatkan sahamnya atau IPO di BEI.Data perdagangan hingga pukul 09:02 menunjukkan KLIN tertekan 10,00% di Rp90, menyentuh auto rejection bawah (ARB), dari harga perdananya di Rp100. Sebanyak 11,42 juta saham KLIN ditransaksikan senilai Rp1,03 miliar.

Klinko Karya Imaji adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan perdagangan produk alat-alat kebersihan seperti serbet, mop, dan keset yang ramah lingkungan.

Pada 2020, pendapatan usaha KLIN mencapai Rp2,7 miliar, lalu pada 2021 meningkat menjadi Rp3,9 miliar. Hingga posisi Juni 2022 pendapatan KLIN telah mencapai Rp2,8 miliar, meningkat sebesar 100% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Mengutip laman e-IPO, KLIN melepas sebanyak 230 juta saham baru, atau setara 17,59% dari modal ditempatkan juga disetor penuh Perseroan.

Adapun KLIN mematok harga Rp100 per saham. Dengan demikian, KLIN bakal menyerok dana maksimum Rp23 miliar.

Melalui penawaran umum perdana, rodusen alat-alat kebersihan ini berencana melakukan ekspansi, salah satunya juga untuk mendukung Green Environment, di mana perseroan menyatakan memiliki ekosistem yang mengedepankan proses Reuse-Reduce-Recyclel, yang merupakan kegiatan usaha yang menghasilkan produk kebersihan dengan bahan benang daur ulang (Recycle Yarn).

Selaku pioneer produsen alat kebersihan berbahan recycle di Indonesia, perseroan memberikan pilihan beragam produk kebersihan dengan beragam warna dan terjangkau untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, bagi Indonesia dan dunia. Saat ini Perseroan berhasil memasarkan produknya ke 33 kota di Indonesia hingga 4 benua yakni Asia, Amerika, Afrika dan Eropa.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network