16 Danau Terluas di Indonesia, Nomor 12 Berada di Atas Puncak Banyak Kisah Mistis

Reza Rizki Saputra
Danau Toba merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. (foto: Instagram/@Tobasamosir)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Deretan danau terluas di Indonesia patut dijadikan referensi destinasi wisata bagi Anda yang suka travelling. Indonesia memang memiliki banyak danau yang luas dan dalam. Hal ini karena Indonesia dikelilingi gunung api.

Danau terbentuk selain karena faktor alam seperti gunung meletus dan gempa, ada juga danau buatan yang sengaja dibuat untuk kepentingan masyarakat. 

Danau yang terbentuk karena faktor alam akibat letusan gunung dan gempa atau danau vulkanik-tektonik di antaranya Danau Toba

Ada juga danau kawah. Melansir data dari esdm.go.id, danau kawan terbentuk akibat penurunan dasar kawah atau kaldera yang kemudian terisi oleh air meteorik.

Dapat terjadi pada gunung api yang masih aktif ataupun yang sudah tidak aktif lagi; air danau bisa bersifat netral maupun asam. Istilah lainnya adalah danau kawah dan danau kaldera. Danau jenis ini di antaranya Danau Kelimutu, Rinjani, Kawah Ijen, Telaga Warna dan Danau Batur.

Sedangkan danau karena buatan di antaranya Waduk Gajahmungkur, Waduk Jatiluhur, Waduk Cacaban dan lain-lainnya.

Berikut daftar 16 danau terluas di Indonesia yan memiliki pesona alam menakjubkan dan layak dijadikan destinasi wisata saat libur tiba:

1. Danau Toba

Danau terluas di Indonesia pada urutan pertama adalah Danau Toba. Danau ini terbentuk  secara alami akibat letusan yang berada di kaldera Gunung Supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 505 meter (1657 ft). Letaknya di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter. Selain itu kedalaman mencapai 505 meter sehingga Danau Toba menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan urutan terdalam ke 15 di dunia. 

Danau Toba memiliki panorama alam yang indah. Danau ini benar-benar sangat luas, bahkan bukit di seberang sampai tak terlihat. Salah satu spot menarik untuk menikmati pesona Danau Toba adalah dari kawasan Huta Ginjang. Huta Ginjang merupakan Desa di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. 

Salah satu pelabuhan di kawasan Danau Toba yang selesai direvitalisasi. (ANTARA/Donny)

Dalam bahasa Batak Huta Ginjang artinya perkampungan di atas. Dari titik ketinggian Huta Ginjang, kalian dapat menyaksikan hamparan Danau Toba serta perbukitan hijau yang mengelilinginya. Air danau biru yang tenang berpadu dengan langit biru yang diriaki awan menjadi pemandangan menakjubkan.

2. Danau Towuti

Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Towuti. Danau iini terbentuk karena pergeseran lempeng tektonik. Pergeseran lempeng ini membentuk danau terbesar kedua di Indonesia. Danau Towuti berada di Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 

Luas danau kurang lebih 561 km persegi. Kedalaman danau mencapai 203 meter. Danau ini digunakan sebagai tempat wisata dan tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan.

3. Danau Tempe 

Danau Tempe merupakan danau yang berlokasi di Sulawesi Selatan dengan luas kurang lebih 350 kilometer persegi. Danau ini dipercaya sebagai teluk yang memisahkan Toraja dengan Sulawesi Selatan. Kehidupan di sekitar danau ini masih sangat tradisional dan menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar dengan mencari ikan.

4. Danau Poso

Danau Poso berlokasi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Danau ini terbentuk sekitar 12 sampai 16 juta tahun yang lalu karena terbentuk pergeseran lempeng tektonik. Panjang danau ini kurang lebih 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan sekitar 323 km persegi. 

Danau ini berada di ketinggian 657 mdpl di atas permukaan laut. Uniknya, danau ini memiliki pasir putih seperti pantai dan gelombang air seperti air laut. 

Danau ini memiliki gradasi warna air seperti pantai. Dari kejauhan terlihat warna air biru tua. Sedangkan bagian tepi berwarna biru kehijauan.

5. Danau Matano

Danau Matano tak hanya masuk ke dalam jajaran danau terluas di Indonesia, namun juga danau paling dalam di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Danau Matano memiliki kedalaman hingga 590 meter. Di tingkat dunia, danau ini merupakan danau terdalam ke-8.

Luas danau Matano kurang lebih 16.000 hektar. Sedangkan panjang danau sekitar 28 km dan lebarnya 8 km. Danau ini menjadi tempat wisata dan rumah untuk hewan-hewan langka, salah satunya ikan Butini (Glossogobius matanensis). Ikan Butini dianggap sebagai ikan purba dan langka oleh warga sekitar. Selain ikan Butini ada hewan air tawar seperti kepiting Bungka (Parathelphusa), dan keong air tawar (Botia).

6. Danau Singkarak 

Danau ini berada di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau Singkarak memiliki luas sekitar 107 km persegi dan memiliki kedalaman 268 meter. 

Danau Singkrak di Kabupaten Solok dan Tanah Datar dipersiapkan menjadi Geopark Nasional. (Foto: Indonesian Travel)

Danau Singkarak dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) selain itu danau ini juga sebagai tempat budidaya ikan dan pariwisata. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi yang membuat sebuah cekungan.

Danau yang berada di uruten keempat danau terdalam di Indonesia ini terkenal dengan ajang tour de singkarak, kejuaraan balap sepeda resmi persatuan balap sepeda Indonesia dan internasional. 

7. Danau Ranau

Danau terluas di Indonesia juga ada di Sumatera Selatan (Sumsel), yakni Danau Ranau. Luas Danau Ranau sekitar 125,9 km persegi dan memiliki kedalaman maksimum 229 meter. Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Danau ini berada di dua provinsi sekaligus, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya antara Kabupaten OKU Selatan, Sumsel dan Kabupaten Lampung Barat, Lampung. 

Danau Ranau ini terbentuk akibat ledakan gunung berapi dan gempa yang mengakibatkan munculnya cekungan besar yang membentuk danau. 

Danau Ranau di OKU Selatan menjadi ikon peringatan Hari Air Sedunia 2022. (Foto: Ist)

Banyak objek wisata di sekitar danau ini, selain dapat menikmati indahnya pemandangan alam Gunung Seminung dan birunya air danau juga ada tempat wisata lainnya seperti Pulau Mariza di tengah danau, pemandian air panas yang mengandung belerang dan air terjun Subik Tuha. 

Masyarakat setempat percaya mandi di tempat ini bisa menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit. Selain pemandangan alam, juga dapat dilihat hamparan sawah yang luas dan menghijau serta kebun kopi milik rakyat. 

Untuk menuju pulau tersebut tersedia transportasi berupa perahu motor melalui Dermaga Banding Agung atau Dermaga PT. Pusri dengan harga tiket yang terjangkau.

Sama halnya dengan Tour de Singkarak, di Danau Ranau juga terdapat ajang kejuaran balap sepeda bergengsi Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF). Hajatan olahraga sekaligus pariwisata ini digelar di penghujung tahun dalam empat tahun terakhir. 

8. Danau Maninjau 

Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini masuk dalam daftar danau terluas di Indonesia. Danau ini memiliki luas 99,5 km persegi dan kedalaman 165 meter. 

Terbentuknya danau ini berasal dari letusan Gunung Sitinjau yang terjadi sekitar 52.000 tahun yang lalu. Letusan membentuk cekungan yang berubah menjadi danau.

9. Danau Sentani 

Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Sentani di Kota Jayapura sampai Kabupaten Jayapura. Luas danau ini mencapai 9.360 hektare dengan kedalaman 70 meter. Danau ini merupakan alternatif wisata yang ada di Papua selain Raja Ampat.

Danau Sentani. (Foto: Polda Papua)

Selain menjadi tempat wisata, danau ini menjadi tempat festival budaya yang digelar setahun sekali. Festival ini menggelar kesenian dan kebudayaan masyarakat setempat, seperti tari Perang khas Papua, Tarian Isosolo, dan upacara adat.

10. Danau Paniai

Danau Paniai merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. Danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua ini memiliki luas sekitar 195 km persegi dan kedalaman 50 meter. 

Danau Paniai menjadi tempat wisata di area sekitar. Anda bisa menikmati penyewaan perahu dan alat memancing di sekitar danau.

11. Danau Sentarum 

Danau terluas di Indonesia berikutnya yakni Sentarum. Danau di Kalimantan Barat ini memiliki kedalaman 7 meter dan luas sekitar 275 meter persegi. Danau menyandang status Taman Nasional Danau Sentarum. 

12. Danau Habema

Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Habema di Kabupaten Mimika, Papua. Danau ini memiliki luas 224 hektare yang berada di dataran tinggi tepatnya di atas gunung Trikora, Papua. 

Tak heran jika Danau Habaema disebut sebagai danau tertinggi karena berada di atas ketinggian 3.300 meter dpl.

13. Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo di kawasan wisata Gunung Briomo-Semeru, Jawa Timur masuk dalam jajaran danau terluas di Indonesia. Danau ini memiliki luas 12 hektare.

Ranu Kumbolo memiliki cerita mistis terkait seorang dewi yang ada di dalam danau tersebut. Dia konon suka menampakkan diri di tengah danau. Biasanya kehadiran sang dewi selalu diiringi dengan gumpalan kabut putih.

Danau Ranu Kumbolo. (Foto: Okezone)

Selain kisah dewi yang menjaga danau tersebut, terdapat cerita adanya pocong yang kerap menampakkan diri. Pocong tersebut suka menakuti para pendaki.

Tak heran Ranu Kumbolo masuk daftar danau di atas gunung paling angker di Indonesia.

14. Danau Tiga Warna

Danau terluas di Indonesia lainnya ada Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki luas 1.050.000 meter persegi.

Warna danau ini diketahui sering berubah-ubah. Masyarakat setempat percaya setiap warna yang muncul di danau tersebut dihuni oleh roh orang meninggal.

15. Danau Segara Anak

Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Segara Anak di atas Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anak ini memiliki luas 11,3 km persegi ini kabarnya memiliki sosok jin penunggu. 

Konon, di sekitar danau terdapat gua yang tidak boleh dijelajahi oleh pendaki demi keselamatan.

16. Danau Ciharus

Danau terluas di Indonesia terakhir yakni Danau Ciharus di Gunung Rakutak, Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat. Dana dijuluki kembaran Ranu Kumbolo ini memiliki luas 163 hektare atau 163,5 km persegi.

Konon, ada beberapa jin yang kerap menampakkan diri kepada pengunjung tertentu. Biasanya makhluk halus akan menampakkan diri kepada orang yang melakukan perbuatan tidak baik.

Itu dia pembahasan mengenai danau terluas di Indonesia. Semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan kalian ya. 

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network