Peneliti Berhasil Ungkap Jumlah Semut di Dunia, Jawabannya Mencengangkan

Tangguh Yudha
Jumlah semut diperkirakan mencapai 20 kuadriliun, peneliti menyimpulkan berapa berat semua semut di dunia. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mungkin sebagian orang pernah iseng bertanya berapa jumlah semut di dunia. Misteri itu telah terpecahkan setelah penelitian terbaru mendapatkan jawaban perkiraan.

Dilansir dari Science Alert, Minggu (2/10/2022), penelitian secara konservatif memperkirakan Bumi menampung sekitar 20 kuadriliun semut. Dalam bentuk numerik itu berarti 20.000.000.000.000.000 (20.000 triliun).

Para peneliti memaparkan, mereka melibatkan analisis 489 studi populasi semut yang dilakukan ilmuwan semut dari seluruh dunia. Terkasuk dari Spanyol, Prancis, Jerman, Rusia, Mandarin, dan Portugis.

Penelitian ini mencakup semua habitat semut termasuk hutan, gurun, padang rumput, dan kota. Mereka menggunakan metode standar untuk mengumpulkan dan menghitung semut dengan sampel serasah daun.

Dari semua itu, diperkirakan ada sekitar 20 kuadriliun semut di Bumi. Angka ini, meskipun konservatif masih lebih tinggi 20 kali lipat dari perkiraan sebelumnya yang hanya menggunakan metode penelitian bottom-up atau atas bawah.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network