Piala AFF 2020: Pelatih Vietnam Akui Indonesia Miliki Lini Depan yang Menakutkan

syahrir rasyid
Pelatih Timnas Vietnam, Park Han-seo. (Foto: Instagram/park.hangseo)

SINGAPURA, iNews.Serpong.id – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Vietnan, Park Hang-seo sadar Timnas Indonesia saat ini berstatus sebagai tim dengan produktivitas gol terbanyak di Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi sembilan gol. Vietnam baru mencetak lima gol. Namun, itu tak membuat Vietnam gentar saat berjumpa Garuda pada Rabu 15 Desember 2021.

Park Hang-seo juga mengakui Timnas Indonesia memiliki lini depan yang menakutkan di Piala AFF 2020. Namun, ia merasa Vietnam tak perlu takut, malahan pelatih asal Korea Selatan itu menantang skuad asuhan Shin Tae-yong bermain menyerang saat kedua tim bertemu.

Timnas Vietnam saat ini berada di posisi kedua Grup B dengan mengumpulkan enam poin. Poin itu sama dengan Indonesia namun mereka tetap di bawah karena kalah dalam urusan mencetak gol.

Vietnam mencatat 5 kali mencetak gol dan tidak pernah kebobolan. Gol yang didapat dari laga melawan Laos (2-0) dan Malaysia (3-0) itu membuat mereka memiliki selisih gol 5. Sementara tim asuhan Shin Tae-yong mencatat gol dengan selisih 6. Itu merupakan hasil 9 kali mencetak gol dan 3 kali kebobolan dalam dua laga sebelumnya melawan Kamboja (4-2) dan Laos (5-1).

Melihat statistik ini, pelatih Park mengapresiasi lini serang Indonesia. Bahkan, menurut dia, bisa saja timnya bakal kesulitan mengingat masih ada kekurangan di lini pertahanan mereka.

“Indonesia memiliki jangkauan aktivitas yang lebih luas, kekuatan dan kebugaran yang lebih baik. Melalui dua pertandingan, tim Indonesia mencetak 9 gol, menunjukkan serangan tim ini sangat kuat,” ucap Park dalam jumpa pers virtual jelang pertandingan, Selasa (14/12/2021).

"Dalam dua pertandingan terakhir, pertahanan kami tidak bermain dengan baik. Saya pikir itu mungkin karena para pemain belum memiliki konsentrasi tertinggi. Saya tentu punya pengingat bagi pemain saya untuk lebih fokus pada pertandingan melawan Indonesia,” lanjutnya.

Namun di balik itu, pelatih Park justru terpacu dan menginginkan Indonesia tampil menyerang sebagaimana biasanya. Ia pun siap menantang permainan cepat Irfan Jaya dan kawan-kawan, terutama dari sisi sayap.

“Melawan Indonesia, saya ingin lawan bermain ofensif. Jika mereka mengatakan mereka bisa menyerang dengan baik di sayap, maka mainkan saja seperti itu di pertandingan melawan Vietnam,” tuturnya.

Laga ini akan menjadi krusial bagi kedua tim untuk melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020. Indonesia diprediksi lebih sulit bila kalah karena laga pamungkas masih harus melawan Malaysia pada 19 Desember 2020. Jadi, menang atas Vietnam menjadi target yang harus dicapai Evan Dimas dan kawan-kawan agar bisa langsung memastikan diri melaju ke semifinal Piala AFF 2020.

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network