Ini Batu Mulia Termahal di Dunia, Termasuk Apa Saja?

Cahya Puteri Abd Rabbi
Terdapat sejumlah batu mulia termahal di dunia. Berlian merupakan salah satu batu mulia termahal. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Terdapat sejumlah batu mulia termahal di dunia. Bahkan, harganya bisa menyentuh ratusan juta hingga miliaran rupiah per gramnya.

Batu mulia merupakan salah satu simbol kekayaan bagi segelintir orang. Banyak orang mengoleksi batu mulai untuk dijadikan investasi, serta dijadikan perhiasan untuk menunjukkan status sosialnya.

Setiap jenis batu mulia tentunya memiliki karakteristik dan harga yang berbeda-beda. Selain karakteristik, faktor kelangkaan dan perawatannya juga turut mempengaruhi harga dari batu mulia. 

Berikut deretan batu mulia termahal di dunia:

1. Berlian atau Diamond

Berlian merupakan salah satu jenis batu mulia yang banyak dijadikan perhiasan. Berlian juga menjadi batu permata paling populer untuk cincin pertunangan atau pernikahan. Batu permata ini memiliki harga yang fantastis yakni lebih dari 15.000 dolar AS atau Rp227,4 juta per karat untuk berlian yang tak berwarna. 

Untuk sejumlah berlian berwarna memiliki harga yang bervariasi. Berlian merah diperkirakan memiliki harga mencapai 1,3 juta dolar AS atau setara Rp19,7 miliar per karat, sedangkan berlian pink bisa mencapai 1,5 juta dolar AS atau setara Rp22,7 miliar per karat. Sementara itu, berlian termahal adalah berlian biru atau blue diamond yang harganya diperkirakan mencapai 3,3 juta dolar AS atau setara Rp50 miliar per karat. 

2. Zamrud atau Emerald

Zamrud merupakan salah satu batu mulia yang populer di berbagai kalangan. Batu mulia ini merupakan salah satu yang terlangka. Faktor tersebut membuat Zamrud memiliki harga yang fantastis mencapai 100.000 dolar AS atau setara Rp1,5 miliar per karat.  

 

Sebagai informasi, Zamrud termasuk dalam keluarga mineral beryl yang ditambang di Mesir sejauh 1.500 SM. Saat ini, mayoritas batu permata ini berasal dari Brasil, Zambia, dan Kolombia. 



Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network