SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Kohvi dan Mr Klin bukan sekadar satu atap. Pemilik bisnis telah "mengawinkan" sektor bisnis yang berbeda itu. Kohvi adalah cafe dengan sajian beragam jenis minuman mulai dari kopi hingga coklat dan makanan ringan crowfel garing.
Adapun Mr Klin adalah tempat laundry yang cukup dikenal publik dengan mitra saat ini sebanyak 240 yang tersebar pada 42 kota seluruh Indonesia. Mr Klin pertama kali hadir di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat sejak 14 tahun lalu, tepatnya pada 2009.
Kok bisa? Memadukan bisnis cafe dengan tempat cuci pakaian memang bukan hal baru. Namun, di kawasan Gading Serpong, Tangerang penggabungan pengelolaan kedua bisnis itu termasuk masih jarang dijumpai. "Itulah yang menginspirasi kami," ungkap owner Kohvi dan Mr Klin, Jason Robert Brian Lin.
Jason Robert Brian Lin, owner Kohvi dan Mr Klin. (Foto : InewsSerpong)
Layanan Satu Paket
Kohvi dan Mr Klin kebetulan satu atap satu pemilik di Ruko Pisa Grande Blok F No 10, Gading Serpong. Posisi satu atap itu, menginspirasi Jason Robert untuk memberi layanan satu paket. Pengunjung laundry bukan datang sekadar untuk cuci pakaian tetapi bisa sekaligus di cafe yang hadir sejak Januari 2023.
"Pengunjung yang akan menggunakan jasa Mr Klin bisa melakukan satu perjalanan tetapi dua tujuan, cuci pakaian dan ngopi. Ruangan cafe nyaman dengan beragam sajian minuman dan ada wifi. Cocok untuk work from cafe (WFC)," ujar Jason Robert yang sudah dikenal malang melintang di industri laundry.
Pertimbangan memadukan bisnis cafe dan laundry bukan sekadar menawarkan kepraktisan bagi warga. Lebih dari itu, Jason Robert bercerita bahwa wilayah Gading Serpong, khususnya di kawasan Pisa Grande padat perumahan sehingga marketnya besar. "Warganya bisa nyuci sambil nongkrong," ujarnya.
Posisi satu atap Kohvi dan Mr Klin, menginspirasi Jason Robert untuk memberi layanan satu paket. (Foto : InewsSerpong)
Jason Robert jujur mengakui bahwa bisnis cafe adalah sebuah hal baru baginya. Sebagai solusinya, ayah seorang anak itu memilih bermitra dengan Kohvi Indonesia yang sudah memiliki jaringan ratusan gerai yang tersebar pada 13 kota besar di Indonesia, dan dibuka sejak Januari 2019 lalu.
Menariknya, sebagai mitra Kohvi Indonesia, Jason Robert diberi keleluasaan mendandani interior cafenya. Hasilnya adalah cafe Kohvi bernuansa K-Pop.
"Betul kami diberi keleluasaan menentukan tema interior. Kami memilih nuansa K-Pop yang banyak disukai terutama kaum muda. Ini sebuah potensi bisnis besar," jelasnya.
Aroma K-Pop mulai terasa saat menapakkan kaki pada anak tangga pertama menuju ruang cafe di lantai dua. Poster grup K-Pop yang sudah melegenda terpampang menghiasi dinding dengan ukuran mulai dari sedang hingga yang lebar. Dan, sejumlah pernak-pernik lainnya dari K-Pop.
Nuansa interior cafe terasa dinamis dan sangat cerah karena kursi yang dipakai berwarna-warni. Ruangannya memag tidak terlalu luas tetapi cukup lowong.
Nuansa interior cafe terasa dinamis yang dihiasi potret K-Pop. (Foto : InewsSerpong)
Di cafe ini, pengunjung tidak sebatas disajikan poster K-Pop tetapi juga bisa menikmati lagu-lagu K-Pop. "Sangat pas bagi anak muda penggemar K-Pop. Kami juga sediakan merchandise," tutur Jason Robert setengah berpromosi.
Bagaimana dengan menu dan harga yang ditawarkan Kohvi? Beragam menu dengan harga yang terjangkau, dibanderol mulai dari Rp12 ribu hingga Rp20 ribuan.
Dibandingkan dengan penawaran harga dengan menu yang mirip di cafe lain sangatlah kompetitif. "Sesuai dompet anak mudalah," ujar Jason Robert.
Uniknya, menu cafe berbeda dengan suasana interior yang serba K-Pop. Sejumlah minuman jadi unggulan, mulai dari Classic Coffee berupa Aren Coffee dan Dolce Coffee. Speciality Coffee seperti Irish Coffee dan Banana Coffee.
Menu unggulan mulai dari Aren Coffee hingga Irish Coffee. Dipadu Crowfel Garing dengan cita rasa manis. (Foto : InewsSerpong)
Selanjutnya, Cereal Series meliputi Cereal with Fresh Milk dan Cereal Hojica Milk. Dipadu Crowfel Garing dengan cita rasa manis, dijamin menggoyang lidah. (*)
Editor : Syahrir Rasyid
Artikel Terkait