JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sejarah logo Twitter tengah ramai dibicarakan. Hal itu menyusul perubahan logo platform media sosial tersebut yang baru saja diumumkan oleh Elon Musk.
Dalam unggahannya, pemilik Twitter yang baru itu memberi tahukan bahwa logo Twitter yang semula berupa burung biru atau yang dikenal dengan sebutan ‘Larry Bird’ berubah menjadi huruf ‘X’.
Warna yang digunakan pun sangat berbeda dari sebelumnya, di mana logo terbaru memakai warna putih dengan latar belakang hitam.
Perubahan tersebut tentu saja sangat menyita perhatian warganet, mengingat Twitter sangat identik dengan burung biru. Burung biru dan Twitter bahkan menjadi dua hal yang tak bisa terpisahkan.
Meskipun sudah sangat ikonik, Elon Musk tetap mengubah logo tersebut. Namun jika menilik ke belakang, logo Twitter sebenarnya telah mengalami pergantian selama beberapa kali sejak didirikan.
Adapun sejarah logo Twitter dari masa ke masa yang patut untuk diketahui adalah sebagai berikut.
Logo Twitter saat masih dikembangkan (2005-2006)
Versi logo tersebut memang tidak pernah digunakan pada produk publik. Akan tetapi, logo di atas dipakai untuk mewakili program saat masih dirancang dan dikembangkan.
Logo Twitter saat masih dikembangkan menggunakan palet warna hijau tua dan hijau muda yang seolah berlendir dan tertutup tetesan embun. Desain tersebut tentu sangat berbeda dengan logo Twitter di awal peluncuran.
Logo Twitter 2006-2010
Di tahun 2006, Twitter meresmikan logonya untuk dipampang di publik, Itu adalah logo wordmark sederhana dalam font sans-serif yang menampilkan spasi tipe bulat dengan huruf kapital kecil dan tanpa spasi di antara keduanya.
Dibandingkan dengan saat masih dikembangkan, palet warna logo tersebut juga berubah total. Biru dipilih karena melambangkan kepercayaan, integritas, dan ketenangan menurut ilmu psikologi warna.
Logo Twitter 2010-2012
Pembaruan besar berikutnya dari logo Twitter adalah dengan menambahkan gambar burung pada tulisan merek. Burung tersebut didesain lebih minimalis dengan bentuk mata, alis, dan cakar yang disederhanakan.
Menariknya, burung biru ini awalnya dibeli di situs penjualan foto online hanya dengan harga USD15. Karena menggunakan logo hewan tersebut, maka unggahan di Twitter disebut ‘tweet’.
Logo Twitter 2012-2023
Pada tahun 2012, Twitter mempertimbangkan adanya penyegaran citra merek menjadi lebih sederhana. Terlebih, Twitter telah sangat terkenal di seluruh dunia senagai platform media sosial teratas, sehingga tidak memerlukan penulisan merek di dalam logonya.
Oleh karena itu, versi final logo Twitter dibuat dengan menghilangkan tulisan perusahaan dan hanya menampilkan maskotnya. Warna burung birunya diubah menjadi lebih gelap agar menonjol pada latar belakang berwarna putih dan bulu di bagian kepala burung dihilangkan untuk menyederhanakan tampilan logo.
Terakhir, nama burung diubah dari 'Larry Bird' menjadi 'Twitter Bird' yang melambangkan kegembiraan dan kebebasan dalam berkomunikasi. Saat peluncuran, Twitter menyatakan tidak akan ada perubahan apapun pada logo ini untuk waktu yang lama.
Logo Twitter saat ini
Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa Twitter telah mengubah logonya menjadi huruf 'X' sejak 23 Juli 2023. Huruf tersebut terdiri dari satu garis dan satu jajar genjang yang menyilang.
"X adalah keadaan masa depan dari interaktivitas tanpa batas – berpusat pada audio, video, perpesanan, pembayaran/perbankan – menciptakan pasar global untuk ide, barang, layanan, dan peluang. Didukung oleh AI, X akan menghubungkan kita semua dengan cara yang baru mulai kita bayangkan," cuit Linda Yaccarino, CEO Twitter, dikutip pada Rabu (26/7).
(*)
Editor : Syahrir Rasyid
Artikel Terkait