Inilah Wanita Terkaya di Dunia, ada Hartanya Tembus Rp1.344 Triliun

Aditya Pratama
Deretan wanita terkaya di dunia ini memiliki kekayaan yang fantastis. Nomor 1 ditempati Françoise Bettencourt Meyers dengan harta Rp1.344 triliun. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Deretan wanita terkaya di dunia ini memiliki kekayaan yang fantastis. Dalam daftar terbaru Forbes, terdapat 337 miliarder wanita di seluruh dunia pada tahun ini. 

Meski jumlah miliarder wanita lebih sedikit dibanding laki-laki, namun jumlah kekayaan mereka tidak kalah jauh. Terdapat dua wanita yang masuk jajaran 20 orang terkaya di dunia, yakni Francoise Bettemcourt Meyers di urutan 15 dan Alice Walton di urutan 19.

Deretan Wanita Terkaya di Dunia

Berikut daftar 5 wanita terkaya di dunia 2023 versi Forbes berdasarkan data kekayaan bersih per 17 September 2023:

1. Françoise Bettencourt Meyers

Pewaris L'Oréal ini telah menempati urutan pertama wanita terkaya di dunia selama tiga tahun berturut-turut. Total harta kekayaan bersih Meyers menyentuh 87,5 miliar dolar AS atau setara Rp1.344 triliun.

Seperti diketahui, Meyers merupakan cucu dari pendiri L'Oréal, yang pertama kali muncul di daftar miliarder dunia pada 2018, setelah kematian ibunya, Liliane Bettencourt, yang pada saat itu merupakan wanita terkaya di dunia.

2. Alice Walton 

Urutan wanita terkaya di dunia selanjutnya ditempati Alice Walton dengan kekayaan mencapai 66,7 miliar dolar AS atau setara Rp1.024 triliun. Dia merupakan anak dari pendiri Walmart, Sam Walton. Selain itu, Walton juga dikenal sebagai pendiri dari Crystal Bridges Museum of American Art di Bentonville.

3. Julia Koch

Wanita dengan nama lengkap Julia Margaret Flesher Koch ini memperoleh kekayaan dari warisan sang suami, David Koch. Kekayaan Koch berasal dari Koch Industries yang merupakan salah satu perusahaan privat terbesar yang bergerak di berbagai sektor mulai dari manufaktur, bahan kimia, energi hingga peternakan.

Ketika suaminya meninggal dunia pada 2019, dia bersama tiga anaknya mewarisi 42 persen saham Koch Industries. Kekayaannya tercatat mencapai 59,8 miliar dolar AS atau setara Rp918,94 triliun. 

4. Jacqueline Mars

Jacqueline Mars merupakan pewaris raksasa permen dan makanan ringan Mars Incorporated. Dia menguasai sepertiga saham perusahaan yang merupakan produsen permen yang menaungi merk permen terkenal seperti M&M's, Snickers, Skittles, dan lain-lain.

Pendiri Mars Incorporated merupakan kakek dari Jacqueline, Franklin Clarence Mars. Dia diketahui pernah bekerja di perusahaan tersebut hampir 20 tahun dan kemudian jajaran direksi hingga tahun 2016. Kekayaan Mars diketahui menyentuh 38,9 miliar dolar AS atau setara Rp597,77 triliun.

5. MacKenzie Scott

MacKenzie Scott merupakan mantan instri pendiri Amazon Jeff Bezos. Diketahui, Scott mewarisi 4 persen saham Amazon setelah bercerai dengan Bezos pada 2019 lalu. 

Harta Scott tercatat mencapai 37,7 miliar dolar AS atau setara Rp579 triliun. Sejauh ini, dia telah menyumbangkan lebih dari 14 miliar dolar AS kepada sekitar 1.600 badan amal melalui organisasi Yield Giving-nya.

Demikian ulasan wanita terkaya di dunia. Semoga menjadi informasi baru bagi Anda.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network