Jadi Crazy Rich Berharta Rp31,5 Triliun, Pendiri OpenSea Bikin Heboh NFT

Shelma Rachmahyanti
Pendiri OpenSea Jadi Crazy Rich (Foto: Fortune)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Setelah mendapatkan putaran pendanaan baru, pendiri startup OpenSea jadi miliarder. Melansir Forbes, Selasa (25/1/2022), kini pendiri OpenSea Devin Finzer dan Alex Atallah masing-masing memiliki kekayaan sekira USD2,2 miliar atau setara Rp31,5 triliun dengan perkiraan 18,5% saham di OpenSea.

 

Hal ini menyebabkan nilai perusahaan naik menjadi USD13,3 miliar dari sebelumnya USD1,5 miliar pada enam bulan yang lalu. Didirikan empat tahun lalu, startup yang berbasis di New York City adalah pemain awal di pasar NFT yang diluncurkan pada awal 2021. NFT atau Non-Fungible Token adalah file komputer yang digunakan untuk melacak kepemilikan aset digital unik seperti seni, musik dan bahkan kartu olahraga virtual pada buku besar yang dikenal sebagai blockchain.

 

OpenSea menyebut dirinya sebagai platform peer-to-peer di mana pengguna dapat membuat, membeli, dan menjual semua jenis NFT, dengan imbalan potongan sebesar 2,5 persen dari setiap penjualan. Finzer dan Atallah berusia sekitar 30 tahun, memiliki riwayat hidup yang akrab bagi miliarder teknologi muda.
Finzer merupakan CEO OpenSea dibesarkan di Bay Area. Mengenyam pendidikan di Brown University dan bekerja sebagai insinyur perangkat lunak di Pinterest. Kemudian, pada tahun 2015, dia mendirikan startup pertamanya, sebuah mesin pencari bernama Claimdog, sebelum menjualnya ke Credit Karma setahun kemudian dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Sementara Atallah merupakan Chief Technology Officer (CTO) OpenSea kelahiran Colorado. Menjadi ahli spreadsheet sejak usia muda. Saat menjadi mahasiswa di Stanford, dia bekerja di Palantir, menurut profil LinkedIn-nya, dan setelah lulus bekerja di startup Silicon Valley, Zugata dan Whatsgoodly. Pada Januari 2018, keduanya bekerja sama untuk akselerator startup Y Combinator dengan ide untuk membayar pengguna crypto untuk membagikan hotspot Wi-Fi mereka.

 

Tetapi CryptoKitties, kucing virtual kartun yang merupakan salah satu contoh NFT paling awal menangkap imajinasi mereka. Finzer dan Atallah dengan cepat berputar untuk meluncurkan OpenSea dan pindah ke New York. Sejak awal, OpenSea telah mengumpulkan lebih dari USD420 juta dari investor, menurut data dari PitchBook. Pengumpulan seri C senilai USD300 juta yang diumumkan Selasa dipimpin oleh perusahaan modal ventura Paradigm and Coatue.

OpenSea mengatakan berencana untuk meningkatkan jumlah karyawannya, dengan fokus pada tim “kepercayaan dan keamanan”, dan berinvestasi dalam membuat produknya lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas. OpenSea menghadapi persaingan yang meningkat, termasuk dari raksasa crypto Coinbase, yang pada bulan Oktober mengumumkan rencana untuk meluncurkan pertukaran NFT sendiri. \

 

Kritikus juga menyebut potensi penipuan dan penipuan di dunia NFT. Pada bulan September, Finzer meminta pengunduran diri kepala produk OpenSea setelah dia diketahui membeli NFT sesaat sebelum mereka ditayangkan di pasar. Dan, baru minggu lalu, sebuah galeri seni New York dilaporkan mengklaim bahwa NFT senilai USD2,2 juta telah dicuri darinya dan terdaftar di OpenSea.

 

Jika perusahaan dapat menavigasi perairan yang berombak, kekayaan yang lebih besar bisa ada di cakrawala. Sekitar USD23 miliar NFT dipertukarkan (virtual) pada tahun 2021, menurut data yang dilacak oleh DappRadar dan pasar baru saja dimulai. “Visi kami adalah menjadi tujuan bagi ekonomi digital terbuka baru ini untuk berkembang,” kata Finzer dalam sebuah pernyataan melalui email. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network