Sosok Misterius Panglima Burung dan Panglima Kumbang Dari Suku Dayak

Mohammad Adrianto S
Tangkapan Layar Media Sosial (Foto/Dok: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Nama Suku Dayak kembali mencuat setelah sempat mengadakan unjuk rasa besar-besaran atas pernyataan jurnalis senior Edy Mulyadi, yang diduga menghina warga Kalimantan, beberapa waktu lalu.

 

 Dilansir beragam sumber, Selasa (25/1/2022) Suku Dayak sendiri merupakan penduduk asli pulau Borneo atau pulau Kalimantan. Suku tersebut terkenal akan berbagai mitos dan misteri terkait kehidupan mereka.

Salah satunya adalah keberadaan Panglima Kumbang dan Panglima Burung. Keduanya merupakan sosok misterius yang tidak diketahui pasti kebenaran dan keberadaannya. Beberapa percaya kalau keduanya bukan manusia, dan hanya akan muncul ketika Suku Dayak dalam kondisi terdesak.

Misalnya ketika mereka sedang mengalami peperangan. Namun, ada juga yang meyakini kalau Panglima Kumbang dan Panglima Burung adalah orang Dayak sakti dengan kemampuan di atas manusia pada umumnya. Panglima Burung dikabarkan mempunyai kemampuan untuk mengubah wujudnya menjadi apapun yang dia mau.

Mulai dari perempuan, laki-laki, anak kecil, maupun orang dewasa. Selain itu, mitos lain mengatakan kalau Panglima Burung sudah meninggal. Tetapi, suku Dayak tetap bisa berkomunikasi dengan mereka dalam situasi genting. Cerita lain juga menyebutkan kalau Panglima Burung adalah jelmaan burung enggang. Burung enggang sendiri merupakan fauna asli dari Kalimantan.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network