KISAH SUKSES : Waluyo Dirikan Sekolah Burung, Omzet Puluhan Juta Rupiah

Heri Susanto
Waluyo Budihartono, warga Cilacap sukses mendirikan sekolah burung berkicau beromzet puluhan juta rupiah. (Foto: Heri Susanto)

WALUYO BUDIHARTONO berhasil mendirikan sekolah khusus untuk burung berkicau.

Sekolah ini, bernama Fathan Budi Manuk Trothol School, telah berdiri selama tiga tahun dan kini dihadiri oleh puluhan burung berkicau, terutama jenis murai batu.

Adapun omzet sekolah burung milik warga Cilacap itu cukup menggiurkan, berkisar antara Rp20 juta hingga Rp40 juta per bulan.

Burung Menimba Ilmu

Setiap hari, sekolah ini ramai oleh para pencinta burung yang datang untuk menimba ilmu. Berbagai pemilik burung berkicau dari berbagai kota di Jawa, Kalimantan, hingga Sumatera mengirimkan burung peliharaan untuk belajar di sekolah ini.

Layaknya sebuah lembaga pendidikan, setiap hari para burung 'murid' ini dihadirkan di kelas mulai pagi hingga sore. Ritual harian di sekolah ini dimulai dengan proses pengeringan burung di bawah matahari, diikuti dengan mandi dan pemberian makanan.

"Para siswa burung ini kemudian diberi pelatihan vokal oleh guru-guru yang mengajari berbagai jenis kicauan untuk setiap burung murai batu," jelas Waluyo warga Cilacap itu, pada Senin (4/12/2023).

Sekitar seratus burung murai batu tengah menimba ilmu di Fathan Budi Manuk Trothol School ini. "Untuk bersekolah di sini, pemilik burung dikenai biaya sebesar Rp200.000 hingga Rp500.000 setiap bulannya," tambahnya.

Meskipun ada biaya yang harus dikeluarkan, pemilik burung merasa puas karena hewan peliharaan mereka siap untuk berkompetisi setelah menyelesaikan program pendidikan di sekolah ini.

Sekolah burung ini memberikan sertifikasi setelah burung menyelesaikan kurikulumnya selama lima hingga delapan bulan, dengan hampir 500 burung murai batu telah lulus dari sekolah ini. (*)


Pemilik burung puas karena hewan peliharaan mereka siap untuk berkompetisi. (Foto: Heri Susanto)


Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul " Kisah Waluyo, Sukses Dirikan Sekolah Burung Berkicau Beromzet Puluhan Juta Rupiah ", Klik untuk baca: https://jateng.inews.id/berita/kisah-waluyo-sukses-dirikan-sekolah-burung-berkicau-beromzet-puluhan-juta-rupiah?_ga=2.191167917.641121335.1693213694-851077438.1680332012.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network