Simak Sebelum Daya HP Habis, 8 Tips Hemat Baterai iPhone

Inas Rifqia Lainufar
Tips Menghemat Baterai iPhone (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tips menghemat baterai iPhone berikut patut untuk disimak oleh pengguna. Pasalnya, ponsel tidak akan bisa digunakan untuk melakukan panggilan, berkirim pesan, memotret objek, dan aktivitas lainnya saat baterai benar-benar habis.

Situasi yang demikian biasa terjadi saat seseorang tengah bepergian dalam jangka waktu cukup lama dan tidak sempat mengisi daya baterainya. Oleh sebab itu, mengurangi konsumsi daya adalah salah satu cara ampuh sebelum baterai iPhone berada di persentase 0%.

Lalu, bagaimana cara menghemat baterai iPhone? Berikut ini adalah panduannya, yang dirangkum iNews.id dari laman PC Magazine, Selasa (19/12/2023).

Tips Menghemat Baterai iPhone

1. Aktifkan mode daya rendah 

Dengan mengaktifkan mode daya rendah, ponsel Anda hanya melakukan tugas-tugas yang paling penting, sehingga konsumsi baterai akan lebih hemat karena aktivitas latar belakang seperti mengunduh dan mengambil email dinonaktifkan. Mode ini akan aktif otomatis saat baterai turun di bawah 20 persen ini

Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Baterai dan aktifkan mode Daya Rendah. Saat diaktifkan, ikon baterai di sudut kanan atas akan berubah menjadi kuning. 

2. Kurangi kecerahan layar

Layar smartphone yang terang dapat mengonsumsi banyak daya baterai. Oleh sebab itu, Anda harus menurunkan kecerahannya jika ingin menghemat daya.

Untuk mengurangi kecerahan, Anda bisa mengusap ke bawah pada Control Center dan menggunakan kontrol kecerahan atau masuk ke Settings > Display & Brightness. Namun jika kecerahan ingin disesuaikan dengan pencahayaan sekitar, Anda bisa mengontrol true tone di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

Apabila dirasa kurang maksimal dalam menghemat baterai, Anda bisa beralih ke mode gelap. Oleh karenanya, Anda harus mengakses Pengaturan > Tampilan & Kecerahan lalu ketuk Gelap.

3. Kelola lock screen 

Anda harus mengatur kapan layar ponsel mati secara otomatis untuk menghemat baterai. Untuk itu, akses Display & Brightness > Auto-Lock dan aturlah ke tingkat yang lebih rendah untuk mengistirahatkan baterai jika Anda cenderung meletakkan ponsel tanpa menguncinya.

Selain itu, widget juga memakan daya yang cukup besar, sehingga Anda harus menghindari wallpaper dan widget yang rumit di sini agar tidak membebani baterai secara berlebihan. Anda juga dapat mematikannya dari Pengaturan > Tampilan & Kecerahan dan menonaktifkan Always On.

4. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Ketika Anda menutup aplikasi iOS, aplikasi tersebut akan tetap berjalan selama beberapa saat hingga memasuki kondisi ditangguhkan. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut masih dapat memeriksa pembaruan dan konten baru dari waktu ke waktu-sebuah proses yang dapat menguras daya tahan baterai. 

Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang sepenuhnya atau hanya untuk aplikasi tertentu. Buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. 

Di sini, Anda dapat menonaktifkan per aplikasi jika Anda hanya ingin menghentikan aplikasi yang membutuhkan penyegaran, seperti email atau platform media sosial. Jika tidak, pilih Background App Refresh di bagian atas layar dan atur ke Off (atau Wi-Fi jika Anda ingin membatasi tetapi tidak menonaktifkan secara langsung).

5. Matikan jaringan internet

Mulai dari Wi-Fi, Bluetooth, dan data seluler, ponsel Anda memiliki banyak fitur nirkabel yang berjalan di latar belakang. Jika Anda benar-benar kehabisan daya, Anda bisa mematikannya untuk menghemat sedikit daya sebelum baterai habis. 

Solusi tercepat adalah dengan membuka Pusat Kontrol dan menekan opsi menu di kiri atas untuk mengubah fitur-fitur ini. Apabila ingin lebih cepat, ketuk ikon mode pesawat untuk mematikan semua fitur seluler ponsel Anda, tetapi panggilan dan teks tidak akan masuk. 

6. Matikan lokasi

Layanan lokasi sangat membantu untuk aplikasi seperti Google Maps atau Yelp, tetapi ping GPS yang terjadi di latar belakang dapat menguras baterai dengan cepat. Anda bisa mematikan layanan lokasi sepenuhnya melalui Pengaturan > Privasi & Keamanan > Layanan Lokasi dan ponsel Anda akan berhenti memberikan data lokasi ke layanan ini.

7. Kurangi notifikasi yang muncul 

Jika layar Anda menyala setiap ada notifikasi masuk, maka hal ini akan menghabiskan daya ponsel. Untuk mengurangi gangguan ini, Anda harus membuka Pengaturan > Pemberitahuan dan pilih aplikasi tertentu yang diizinkan untuk mengirim pemberitahuan ke ponsel Anda.

Untuk menonaktifkan layanan ini dalam jangka waktu tertentu, gunakan fitur Fokus di bawah Pengaturan > Fokus untuk mengatur batasan kapan pemberitahuan diizinkan masuk. Pastikan Do Not Disturb telah dinonaktifkan di bawah Status Fokus.

8. Menonaktifkan Siri 

Anda juga dapat menghemat daya tahan baterai dengan mematikan fitur Siri agar ia tidak dapat mendengarkan saat Anda mengucapkan “Hey Siri." Untuk mematikannya, buka Pengaturan dan pilih Siri & Pencarian, lalu nonaktifkan opsi Dengarkan "Hey Siri".

Demikian delapan tips menghemat baterai iPhone. Semoga bermanfaat.(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network