Kesempatan Berkarier di Angkatan Laut, AAL Menyiapkan 5 Prodi Terbaik  

Wahyono
Berminat berkarier di TNI AL, saat ini pendaftaran taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) sudah dibuka sejak 22 Maret 2024. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerepong.id - Tertarik menekuni karier sebagai prajurit TNI AL, segeralah mendaftar sebagai taruna di Akademi Angkatan Laut (AAL).

Pasalnya, pendaftaran menjadi taruna AAL sudah dibuka sejak 22 Maret 2024. AAL, yang juga dikenal sebagai Politeknik Angkatan Laut, merupakan perguruan tinggi satu-satunya yang dimiliki oleh TNI AL di Surabaya, Jawa Timur.

Berikut daftar 5 program studi (Prodi) unggulan di AAL:

1. D4 Manajemen Pertahanan (Manhan) Matra Laut

Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan Perwira TNI Korps Pelaut yang handal dan profesional. Beberapa latihan dan praktik yang dilakukan antara lain adalah latihan Navigasi 1 dan Navigasi Astronomi. Prodi ini memiliki status akreditasi Unggul.

2. D4 Manajemen Pertahanan (Manhan) Matra Laut Aspek Darat

Jurusan ini bertujuan untuk meluluskan Perwira TNI Korps Marinir yang handal dan profesional. Beberapa latihan yang dilakukan antara lain adalah Pendidikan Komando Marinir, Para Dasar Marinir, dan Operasi Darat Marinir. Prodi ini juga memiliki status akreditasi Unggul.

3. D4 Teknik Mesin Kapal Perang

Prodi ini mencetak Perwira TNI AL Korps Teknik yang handal dan profesional. Beberapa latihan yang dilakukan di jurusan ini meliputi Mekatronika, T.O Top Over Haul, dan Sidalsin. Status akreditasi prodi ini adalah Unggul.

4. D4 Teknik Elektronika Kapal Perang

Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan Perwira TNI AL Korps Elektronika yang handal dan profesional.

5. Manajemen Logistik dan Keuangan (Logkeu) Matra Laut D-IV

Prodi ini bertujuan untuk mencetak Perwira TNI Korps Suplai yang handal dan profesional. Prodi ini juga memiliki status akreditasi Unggul.

Mereka yang lulus akan dilantik menjadi Perwira Pertama dengan pangkat Letnan Dua. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han). AAL menerapkan kurikulum selama lebih dari 4 tahun dengan beban studi yang dihitung dalam satuan SKS.

Selama proses seleksi, AAL tidak memungut biaya apapun, baik untuk seleksi taruna maupun biaya pendidikan kuliah. Semua biaya tersebut ditanggung oleh APBN Pemerintah. AAL juga menyediakan berbagai fasilitas untuk peserta didik guna mengembangkan kemampuan mereka. (*)

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Wahyono dengan judul "Mau Berkarier di Angkatan Laut? Daftar Saja di AAL yang Membuka 5 Prodi Terbaik".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network