BMW Gandeng Great Wall Motor dari China, Produksi Mobil Listrik Murah  

Wahyu Budi Santoso
BMW bersama Great Wall Motor (GWM) dari China siap produksi mobil listrik. (Foto: Carscoops)

BERLIN, iNewsSerpong.id - Spotlight Automotive tengah mengembangkan model mobil listrik baru yang diharapkan dapat dipasarkan secara global. Spotlight Automotive adalah perusahaan patungan antara BMW dan Great Wall Motor (GWM) dari China.

Direktur Tata Kelola dan Hubungan Masyarakat Spotlight Automotive, Jason Zhang, mengungkapkan kepada Post bahwa model dengan merek Mini milik BMW akan tersedia di pasar Eropa dan Asia Tenggara setelah diperkenalkan oleh Spotlight di China pada akhir tahun ini.

Zhang menambahkan bahwa meskipun beberapa negara menerapkan tarif yang tidak masuk akal pada mobil listrik buatan Tiongkok, Spotlight tetap berkomitmen untuk merancang dan memproduksi mobil untuk pelanggan di seluruh dunia.

Pabrik di Kota Zhangjiagang

Spotlight didirikan pada tahun 2019 oleh BMW, Great Wall, produsen SUV terbesar di Tiongkok, dan memberikan kontribusi yang sama terhadap total investasi sebesar 5,1 miliar yuan (USD704,7 juta).

Perusahaan ini memiliki pabrik di kota Zhangjiagang, provinsi Jiangsu, yang mampu merakit 160.000 kendaraan per tahun. Di pusat penelitian dan pengembangan di Shanghai, sekitar 300 insinyur bekerja di bawah naungan perusahaan ini.

Qian Kang, seorang pengusaha di industri komponen otomotif di Tiongkok, menyatakan bahwa kekhawatiran akan kelebihan kapasitas telah mendorong produsen kendaraan listrik Tiongkok untuk meningkatkan penjualan mereka di luar negeri.

Dia menjelaskan bahwa perusahaan-perusahaan Tiongkok yang dulunya hanya fokus pada pasar dalam negeri kini mulai melirik pasar internasional karena pertumbuhan yang signifikan dalam industri kendaraan listrik di luar Tiongkok. (*)

 

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Wahyu Budi Santoso dengan judul "Produksi Mobil Listrik Murah, BMW Gandeng Merek China".

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network