Duri Ikan Tertinggal di Tenggorokan? Ini 5 Cara Melenyapkan dengan Cepat

Wikku D Nugroho
Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan, Ilustrasi seorang pria batuk (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Berikut ini akan dibahas cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Banyak orang menyukai mengkonsumsi ikan air tawar maupun asin. 

Sebagai salah satu sumber hewani, ikan juga mengandung berbagai macam zat yang baik untuk tubuh. Seperti omega, flourida, zat besi, magnesium, hingga yodium. 

Namun, saat menikmati santapan, duri ikan secara tidak sengaja nyangkut di tenggorokan. Tentunya, ini membuat rasa sakit saat menelan. Bahkan, bukan tidak mungkin jika duri yang tersangkut menyebabkan sulit bernapas. 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/4/2024). 

1. Batuk

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan duri ikan di tenggorokan adalah dengan batuk. Batuk dapat menciptakan dorongan udara yang kuat di area sekitar tenggorokan. 

Dengan melakukan batuk secara terus menerus, duri ikan dapat terdorong dan keluar dari tenggorokan. 

2. Minum Air Garam

Minum air garam bisa jadi salah satu cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Caranya dengan mengambil segelas air hangat, lalu tambahkan sedikit garam dan aduk hingga larut.

Setelah meminum air garam, duri ikan akan langsung masuk ke saluran pencernaan. Jika cara ini tidak berhasil, maka carilah metode lainnya. Sebab, air garam tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. 

3. Mengkonsumsi Minyak Zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun jadi salah satu cara yang terbilang efektif saat keselek duri ikan. Cobalah minum minyak zaitun 1 atau 2 sendok dan tunggulah hingga duri ikan keluar masuk ke saluran pencernaan. 

4. Menggunakan Mentega

Tak hanya minyak zaitun, mentega juga bisa dijadikan sebagai pelumas untuk melicinkan area tenggorokan. Meski tidak enak dikonsumsi, cobalah untuk makan satu hingga dua sendok untuk membantu melembabkan area tenggorokan. 

5. Menjalani Perawatan Medis

Jika cara-cara di atas tidak dapat mengatasi duri tersangkut di tenggorokan, jangan ragu untuk mengunjungi dokter atau rumah sakit terdekat. Lakukan konsultasi jika kamu menemukan hal-hal seperti nyeri di dada, air liur berlebihan, hingga memar atau pembengkakan. 

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Semoga bermanfaat!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network