AC Mobil Bocor dan Jamuran, ini Cara Simpel Mengatasi  

Tim SINDOnews
Tetesan air dari AC meski tampaknya tidak berbahaya, namun dapat mendorong pertumbuhan jamur. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tidak bisa dianggap sepele, kalau Air Conditioner (AC) mobil alami bocor dan berjamur. Tak perlu khawatir dapat diatasi dengan tips-tips sederhana. Masalah ini cukup umum terjadi.

Tetesan air dari AC yang bocor, meskipun terlihat tidak berbahaya, sebenarnya menandakan adanya penumpukan air di dalam sistem ventilasi yang dapat memicu pertumbuhan jamur. Beruntung, terdapat solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini.

Beberapa tips sederhana untuk mencegah AC mobil bocor dan berjamur:

1. Matikan AC 5 Menit Sebelum Perjalanan Berakhir

Meskipun mungkin terasa tidak nyaman, sebaiknya matikan AC sekitar 5 menit sebelum tiba di tempat tujuan. Masalah air yang menetes di kolong mobil setelah menggunakan AC terjadi karena perbedaan suhu yang signifikan antara udara sekitar dan komponen sistem pendingin udara. Dengan mematikan AC sebelum berhenti, kipas dapat mengeringkan evaporator.

2. Tingkatkan Suhu Sebentar Sebelum Keluar

Sebelum keluar dari mobil, akan bermanfaat jika menaikkan suhu AC untuk sementara waktu satu atau dua menit sebelum berhenti. Ini membantu mengurangi perbedaan suhu yang tiba-tiba dan meminimalkan penumpukan air di dalam sistem.

Meskipun mungkin terasa merepotkan bagi sebagian orang dan dapat memengaruhi kenyamanan, namun langkah-langkah sederhana ini sepadan dengan manfaatnya.

Jamur dan perubahan suhu yang tiba-tiba dapat berdampak negatif pada kesehatan. Oleh karena itu, menjaga lingkungan bebas kelembapan di dalam kendaraan akan sangat bermanfaat.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan masalah AC mobil yang bocor dan berjamur dapat diminimalisir. Selain itu, lingkungan di dalam mobil juga akan lebih nyaman dan sehat bagi penggunanya. (*)

 

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Tim SINDOnews dengan judul "Tips Simpel Cegah AC Mobil Bocor dan Jamuran".

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network