Apa itu Haji Furoda, Benarkah Biayanya Selangit

Wikku D Nugroho
Haji Furoda (freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Haji furoda jadi pembahasan menarik yang akan diulas kali ini. Memasuki bulan haji, umat Muslim di seluruh dunia berangkat ke Tanah Suci Makkah untuk melaksanakan ibadah haji

Terdapat beberapa jenis program jenis haji yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia kepada jamaah. Di antaranya, haji reguler, haji khusus (ON Plus), dan haji furoda

Haji furoda merupakan salah satu jenis haji yang cukup populer digunakan oleh banyak orang. Terdapat beberapa keuntungan didapatkan oleh jamaah yang mengambil program haji satu ini. 

Pengertian Haji Furoda

Melansir situs hajifuroda.id, Rabu (29/5/2024), haji furoda merupakan sebuah ibadah haji yang diatur dan dikelola secara langsung oleh Pemerintah Arab Saudi. Berbeda dengan haji yang diatur oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, haji furoda memiliki keistimewaan tersendiri.

Salah satu keistimewaan yang didapatkan oleh jamaah haji furoda adalah tidak adanya waktu tunggu yang panjang. Ini berbeda dengan haji konvensional yang diharuskan untuk menunggu sampai puluhan tahun. Oleh sebab itulah, haji furoda sering disebut sebagai haji tanpa antre atau haji non-kuota.

Biaya Haji Furoda

Biaya haji furoda tergantung dengan paket yang ditawarkan oleh Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Khusus (PIHK). Adapun, biayanya dikasaran angka US$ 23.000 hingga US$ 60.000. 

Jika di kurs dengan mata uang Rupiah Rp16,255, angka tersebut setara dengan Rp373,9 juta hingga Rp975,3 juta. 

Menurut laman resmi kemenag.go.id, PIHK sebagai penyelenggara haji furoda wajib memberikan pelayanan. Seperti penyiapan dokumen, transportasi, akomodasi, konsumsi, dan pelayanan kesehatan.

Syarat dan Ketentuan Haji Furoda

Beberapa syarat harus dipenuhi oleh jamaah yang ingin melakukan perjalanan haji furoda. Berikut beberapa syaratnya mengutip dari laman haji furoda: 

1. Mampu membayar DP haji sesuai ketentuan

2. Memiliki paspor asli (nama minimal 2 suku kata)

3. Scan KTP

4. Foto close-up/selfie background polos

5. Memiliki kartu vaksin meningitis

6. Scan akta lahir

7. Scan kartu keluarga

8. Memiliki BPJS aktif

Demikian ulasan mengenai haji furoda. Semoga bermanfaat!

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network