Ban Kempis Jangan Dianggap Sepele, Ini Bahayanya jika  Tidak segera Diisi Angin!

Muhammad Fadli Ramadan
Cek tekanan udara ban mobil Anda, jangan sampai kurang atau kempis karena bisa berbahaya. Foto: ist

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kondisi ban mobil yang pecah di jalan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tekanan udara yang kurang atau ban kempis. Situasi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecelakaan.

Tekanan udara yang tepat membuat ban mobil menapak dengan baik, memberikan daya cengkram optimal, dan meningkatkan stabilitas saat mengemudi.

Menurut Yagimin, chief marketing Auto2000, tekanan udara yang sesuai bisa dilihat pada stiker petunjuk di pilar B sisi pengemudi atau buku petunjuk pemilik kendaraan. 

Pemilik mobil sebaiknya memeriksa tekanan udara ban secara berkala, idealnya di pagi hari saat suhu masih dingin untuk hasil yang lebih akurat. Jika tidak memungkinkan, periksa setidaknya seminggu sekali.

Dampak buruk dari ban kempis antara lain tidak meratanya area kontak ban dengan aspal, dinding ban yang bergerak berlebihan, dan sulitnya pengendalian mobil. 

Hal ini bisa mengakibatkan ban aus secara tidak merata, bahkan dapat menyebabkan kerusakan serius pada ban dan mempengaruhi keselamatan berkendara.

Penting untuk selalu memeriksa tekanan udara ban secara teratur dan melakukan servis berkala untuk menjaga kondisi mobil agar selalu dalam kondisi prima dan mengurangi risiko kecelakaan.


 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network