Jadi Dibangun? Ini Kabar Terbaru Soal MRT sampai ke Tangerang Selatan

Tangguh Yudha
MRT Jakarta bakal dibangun sampai Tangsel? Ini kabar terbarunya. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Proyek MRT Jakarta yang akan diperpanjang hingga Tangerang Selatan (Tangsel). masih dalam tahap pembahasan. Hal itu dibocorkan Direktur Utama PT MRT Jakarta, Tuhiyat.

Menurut Tuhiyat, belum ada kepastian dari pihak terkait mengenai rencana ini. Saat ini, PT MRT Jakarta masih fokus pada pembangunan infrastruktur di wilayah Jakarta dan tidak dapat sembarangan membangun proyek di setiap daerah.

"Kami masih fokus membangun infrastruktur di wilayah Jakarta. Pembangunan tergantung pada pemerintah provinsi atau kota yang bersangkutan, serta pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan," ujar Tuhiyat dalam konferensi pers pada Kamis (11/7/2024).

Lebak Bulus ke Tangsel

Meskipun begitu, ia membenarkan bahwa beberapa waktu lalu ada pembicaraan dari pemerintah daerah terkait penambahan rute MRT dari Lebak Bulus ke Tangsel. Namun, semuanya masih dalam tahap awal dan belum menemukan titik terang.

Tuhiyat menjelaskan bahwa pengembangan MRT bukan hanya berdasarkan permintaan masyarakat saja, melainkan juga bergantung pada keputusan pemerintah pusat untuk menentukan pengembangan mana yang menjadi prioritas.

"Dulu sempat ada pembicaraan dengan Walikota. Bukan berarti rencana pembangunan berhenti, tapi kami fokus pada pendekatan pendanaan dulu. Sebenarnya bukan hanya permintaan, tetapi ada rencana induk transportasi di wilayah Jabodetabek dari Kemenhub. Jadi, prioritas ditentukan dari situ," tutur Tuhiyat.

Sebagai informasi, jika rencana tersebut terealisasi, setidaknya akan ada 11 stasiun MRT yang dibangun di wilayah Tangsel hingga Tangerang Kota. Rute tersebut dimulai dari Stasiun Lebak Bulus, yang saat ini menjadi titik pemberhentian akhir sekaligus depo MRT.

Rencana rute MRT Jakarta yang akan tembus ke Tangsel adalah dari Lebak Bulus menuju Stasiun UMJ, Stasiun Universitas Syarif Hidayatullah, Stasiun Pasar Ciputat, Stasiun Pustekkom, Stasiun Pondok Cabe, Stasiun Pamulang Barat, Stasiun Pondok Benda, Stasiun Babakan, Stasiun Puspitek, Stasiun Rawa Buntu, dan berakhir di Tangerang Kota. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network