Kekayaan Miliarder Elon Musk Susut hingga Ratusan Triliun Rupiah

Aditya Pratama
Kekayaan bersih CEO Tesla Elon Musk menyusut paling banyak dibandingkan miliarder lain di dunia sepanjang semester I 2024. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sepanjang semester I 2024, kekayaan bersih CEO Tesla Elon Musk menyusut paling banyak dibanding miliarder lain di dunia. Ini sebuah kerugian yang langka, meski bonus besar dari pemegang saham Tesla dapat meningkatkan kekayaan orang terkaya di dunia tersebut.

Mengutip Forbes Middle East, kekayaan bersih Musk turun dari 251,3 miliar dolar AS atau setara Rp4.049 triliun menjadi 221,4 miliar dolar AS atau setara Rp3.567 triliun hingga 28 Juni 2024 atau hari terakhir perdagangan normal pasar saham pada paruh pertama 2024.

Meski kekayaannya menyusut paling besar, Musk tetap menjadi orang terkaya di dunia. Penyusutan terbesar kekayaan Musk disebabkan oleh keputusan hakim Delaware pada bulan Januari yang membatalkan paket kompensasi Tesla bernilai 51 miliar dolar AS.

Buntut Saham Tesla Turun

Jika tidak termasuk penghargaan tersebut, kekayaan Musk masih tidak stabil karena nilai 13 persen sahamnya di Tesla turun sekitar 20 miliar dolar AS akibat saham produsen mobil listrik itu merosot 20 persen karena menurunnya keuntungan dan pengiriman mobil.

Sementara itu, kekayaan bersih orang terkaya di Eropa, Bernard Arnault, turun dari 200,7 miliar dolar AS menjadi 193,8 miliar dolar AS karena saham perusahaan barang mewahnya LVMH menurun.

Kemudian, kekayaan orang terkaya di Meksiko, Carlos Slim Helu, merosot dari 105,3 miliar dolar AS menjadi 91,4 miliar dolar AS karena saham raksasa telekomunikasinya tergelincir.

Lalu harta mantan istri Jeff Bezos, Mackenzie Scott, yang kekayaannya berasal dari sahamnya di Amazon, mengalami penurunan sebesar 4,7 miliar dolar AS yang sebagian besar disebabkan oleh besarnya sumbangan amalnya saat saham Amazon menguat.

Sementara itu, terdapat sejumlah miliarder yang bertambah kaya sepanjang tahun ini. Kekayaan CEO Nvidia Jensen Huang bertambah sebesar 64,1 miliar dolar AS tahun ini sekaligus melonjak dari peringkat 27 orang terkaya di dunia menjadi peringkat 14.

Sebagian besar peraih keuntungan tertinggi lainnya juga terkait dengan perusahaan-perusahaan yang mendapat manfaat dari booming kecerdasan buatan, dengan CEO Meta Mark Zuckerberg (naik 61,5 miliar dolar AS), CEO Dell Michael Dell (naik 35,8 miliar dolar AS), Ketua Oracle Larry Ellison (naik 37,7 miliar dolar AS) dan salah satu pendiri Google, Larry Page (naik 33,1 miliar dolar AS) melengkapi posisi lima besar. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network