Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone tak Bisa Disentuh

Mohammad Saifulloh
Layar iPhone yang penuh kotoran, debu, dan minyak dapat mengganggu sensorik untuk merespons sentuhan. Foto/The Sun

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Terkadang layar iPhone tidak bisa disentuh alias nge-lag tiba-tiba. Ada beberapa faktor penyebabnya dan ada pula cara mengatasinya. Cara mengatasi layar iPhone tidak bisa disentuh tentu pertama kali harus mengetahui penyebabnya pula.

Melansir laman support Apple.com, Jumat (16/8/2024) berikut penyebab dan cara mengatasi layar iPhone tidak bisa disentuh:

Layar iPhone yang penuh kotoran, debu, dan minyak dapat mengganggu sensorik untuk merespons sentuhan. Ketika pengguna ingin menyentuh layar, otomatis sistem tak bisa mendeteksi sentuhan tersebut. Pastikan rutin membersihkan layar dengan lap lembut atau tisu yang telah diberi cairan khusus pembersih layar monitor.

Penyebab lainnya karena layar terkena air. Meskipun iPhone diklaim sebagai gawai yang tahan air tetapi hal ini tak membuat perangkat pabrikantersebut anti-air. Ketahanan ini dapat menurun seiring pemakaian normal.

Selain itu, menggunakan iPhone dalam kondisi yang sangat lembap dan panas dapat menyebabkan kerusakan pada sistem. Maka, pastikan letak iPhone jauh dari air atau sumber kelembapan serta panas.

Menggunakan pelindung layar dengan kualitas rendah dapat mengacaukan kemampuan layar untuk mendeteksiinputsentuhan pada iPhone. Pengguna disarankan untuk memakai pelindung layar berkualitas tinggi dan khusus untuk iPhone agar tak merusak sistem sensorik gawai.

iPhone memiliki standar suhu pengoperasian perangkat di angka 0 sampai 35 derajat. Jika suhu lingkungan lebih dingin atau lebih panas hal tersebut dapat menyebabkan perangkat iPhone tak responsif. Jika terlanjur layar iPhone tak bisa disentuh, maka mulai restart ponsel.

Menghubungkan aksesori keportpengisian daya iPhone bisa mengacaukan layar sentuh. Aksesori tersebut termasuk pengisi daya,headphone,powerbankmaupun aksesori USB -C lainnya. Segera cabut USB C atau aksesori, lalu coba USB serta aksesori lainnya hingga layar kembali normal.

Sistem iOS terkadang mengalami gangguan selama penggunaan normal. Masalah ini terkadang juga membuat layar sentuh iPhone tak merespons. Solusinya dengan me-restart iPhone saja.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network