Repsol Honda Punya Kenangan Manis di Indonesia, Balapan Mandalika Tinggal Hitung Jari

Fitradian Dimas Kurniawan
Marc Marquez ketika sambangi Sirkuit Sentul (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Balapan di sirkuit Mandalika 2022 tinggal menghitung hari, tepatnya akan berlangsung pada 20 Maret 2022. Artinya, MotoGP kembali digelar di Indonesia, setelah satu dekade lebih urung terlaksana. Sekadar informasi, Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah di gelaran MotoGP pada musim 1996 dan 1997.

Ketika itu, Sirkuit Sentul menjadi tuan rumah balapan buat kelas GP500, kelas tertinggi di MotoGP saat itu. Salah satu tim konstruktor di MotoGP, Repsol Honda punya kenangan indah soal MotoGP di Indonesia.

Tim Repsol Honda sukses menguasai MotoGP Indonesia di era akhir 1990-an tersebut. Ketika itu pembalap Repsol, Honda Mick Doohan menjadi juara di tahun 1996. Diikuti oleh rider Hondal lainnya yaitu Alex Barros di posisi kedua.

Kemudian pembalap tim Marlboro Yamaha, Loris Capirossi di urutan ketiga.

Berselang satu tahun berikutnya, pada MotoGP Indonesia 1997, tim Repsol Honda tampil lebih dominan. Mereka mengunci seluruh posisi podium, yang dipimpin oleh Tadayuki Okada menjadi pemenang.


Marc Marquez. (Foto : Okezone)

Doohan yang kembali membela panji Repsol Honda lalu menjadi runner-up. Kemenangan Repsol Honda di MotoGP Indonesia 1997 dilengkapi dengan menempatkan Alex Criville pada peringkat ketiga.

Setelah lebih dari satu dekade, akhirnya MotoGP Indonesia kembali digelar pada 2022. Kali ini, balapan akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Mandalika jadi sirkuit pertama di Indonesia yang menggelar balapan MotoGP kelas 1000cc.

Peluang Repsol Honda untuk melanjutkan rekor cukup terbuka. Hal itu menyusul performa meyakinkan pada balapan pertama, MotoGP Qatar 2022 lalu.

Repsol Honda menempatkan dua pembalapnya di posisi lima besar. Adapun pembalap yang dimaksud adalah Pol Espargaro di urutan ketiga dan Marc Marquez di posisi kelima. Tidak hanya itu, hasil uji coba tes pramusim di Sirkuit Mandalika pada Februari lalu, cukup menjanjikan.

Oleh sebab itu, bukan tidak mungkin Marc Marquez atau Pol Espargaro dapat melanjutkan tren positif dari terdahulunya di Tanah Air.(*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network