Jarang Diketahui Pengguna, 6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web

Ahmad Muhajir
6 fitur tersembunyi WhatsApp Web yang jarang diketahui pengguna. (Foto : MakeUsOf)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sering menggunakan WhatsAPP Web? Sejumlah fitur tersembunyi terkadang terlewatkan. Padahal, dapat menambah pengalaman dalam mengakses platform berbagi pesan satu ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, WhatsApp Web sendiri menawarkan layanan untuk penggunanya sehingga bisa tetap berkomunikasi tanpa harus melihat ponsel.

Lalu, apa saja fitur tersembunyi WhatsApp Web yang jarang diketahui pengguna? Enam di antaranya simak berikut ini:

1. Atur Notifikasi

WhatsApp akan memberi pengguna pemberitahuan setiap kali ada pesan yang masuk. Namun, ternyata ada pengaturan untuk mengatur pemberitahuan pesan di WhatsApp Web.

Cukup klik tombol drop-down dan masuk ke opsi Settings > Notifications. Pengguna bisa mematikan dan mengatur suara notifikasi yang masuk, chat preview, dan desktop alert.

Selain itu, pengguna dapat mute notifikasi WhatsApp Web selama beberapa jam atau seharian penuh dengan menu drop-down di bagian bawah.

2. Navigasi dengan Tombol Tab

Fungsi ini didesain agar pengguna dapat menavigasikan WhatsApp Web secara cepat dengan keyboard saja. Tab pertama akan mengarahkan pengguna ke opsi "Search", tab kedua mengarahkan ke daftar chat. Sedangkan tab ketiga akan mengarahkan ke emoji, dan tab berikutnya ke kotak pesan.

3. Menggunakan Emoji

Pengguna bisa memanfaatkan tombol Shift + Tab untuk ke menu emoji dan tekan Enter untuk membukanya. Pengguna juga dapat mencari emoji yang ingin digunakan dengan mengetik tanda titik dua (:) diikuti nama emoji.

Misalnya ":laugh", maka akan muncul semua emoji tertawa, untuk memilihnya pengguna tinggal menggunakan arrow key dan Enter. Selain itu, pengguna juga bisa mengetik emoticon terkenal seperti di zaman 1990-an.

Sebagai contoh, tanda :-), :-(, <3, atau :-p . Setelah menekan Enter maka emoji akan berubah otomatis.

4. Buka Dua Akun Berbeda

WhatsApp Web pada dasarnya tidak menyediakan fitur khusus untuk memungkinkan pengguna membuka dua akun secara bersamaan, namun hal ini biasa diakali.

Guna melakukannya, buka browse PC, login satu akun di WhatsApp Web, aktifkan Incigito Mode, login akun lainnya pada browser Incigito.

5. Akun Tak Log Out Sendiri

Apabila pengguna melakukan log in WhatsApp Web, tanpa pasti pernah merasakan akun log out sendiri. Jika hal ini tidak diinginkan terjadi, ada fitur yang telah disediakan.

Cara supaya WhatApp Web tidak login sendiri antara lain, buka WhatsApp Web di laptop atau PC, buka aplikasi WhatsApp di ponsel, ketuk ikon menu tiga titik di kanan atas.

Lalu, pilih Linked Device/Perangkat Tertaut, klik Link a Device/Tautkan Perangkat, masukkan password/kata sandi ponsel, kembali ke WhatsApp Web, centang opsi Keep sign in/Tetap masuk, pindai kode Qr WhatsApp lewat ponsel.

6. Ganti Background Ruang Chat

Pengguna sesungguhnya bisa mengganti warna background atau latar belakang ruang obrolan (chat) pada WhatsApp Web, ini bisa dimanfaatkan jika merasa bosan dengan warna default-nya.

Caranya, klik ikon titik tiga, klik menu Pengaturan/Settings, pilih opsi Chat Wallpapaer, pilih warna latar belakang ruang obrolan sesuai keinginan. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network