JAKARTA, iNewsSerpong.id – Popularitas Aprilia secara tiba-tiba melejit di Indonesia dipicu ajang MotoGP Mandalika 2022.
Dua Tim Aprilia Racing merupakan pembalap potensial yakni Aleix Espargaró dan Maverick Viñales terus mencatat capaian positif. Belum lagi kehebohan di media sosial yang dilakukan oleh Aleix saat membuat sayembara melempar helm setelah followers Instagramnya menembus 1 juta. Kehadiran Aprilia di MotoGP Mandalika 2022 pun terasa lewat booth mereka yang berada di samping panggung utama.
Pada akhir penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 , semua aksesoris yang ada di booth ludes dibeli konsumen. Mulai dari kaus bertema Mandalika, hingga jaket, topi, dan hoodie yang harganya jutaan rupiah. Di booth itu pula mereka mengenalkan varian baru: Aprilia SR GT200 , skutik dengan DNA racing yang kental.
”Kami ingin memperluas rangkaian produk Aprilia di Indonesia di pasar skuter matic (skutik). Kami ingin memberikan lebih banyak pilihan,” tegas Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio lndonesia.
Marco juga memiliki harapan besar terhadap Aprilia SR GT200. Produknya sangat bagus. Tampilannya terlihat sporty. Ada sentuhan karbon. Mudah dikendarai, tapi masih memiliki warisan brand Aprilia yang memiliki motto designed for racers, built for riders. Konsumen pasti akan suka,” ungkap Marco.
Nah, Aprilia SR GT200 menawarkan daya tarik skuter urban adventure yang leluasa dikendarai di perkotaan, namun juga tetap memberi kenyamanan optimal saat berkendara jauh. Marco belum menyebut berapa harga Aprilia SR GT200 di Indonesia. ”Tapi kami pastikan akan kompetitif,” bebernya.
Sejauh ini Aprilia memang menyasar segmen yang sangat niche lewat motorsport Aprilia Tuono 660 dan Aprilia RS 660 yang dibanderol Rp630 juta-Rp650 juta serta sport naked bike Aprilia Shiver 900 yang mengusung harga mulai Rp555 juta.
Aprilia sendiri merupakan bagian dari PT Piaggio Group, selain merek seperti Vespa Moto Guzzi, serta Piaggio. Pasar Potensial Lebih dari 5 juta skuter matic dan sepeda motor terjual setiap tahunnya di Indonesia.
Ini menjadikan Indonesia sebagai pasar kendaraan roda dua terbesar ketiga dunia setelah India dan Tiongkok. Pada 2021, Piaggio Group meningkatkan penjualan di Indonesia hingga 61% dibandingkan tahun sebelumnya.
Di 2022, mereka memperkuat jaringan penjualan lebih dari 50 sales outlet khusus, termasuk di antaranya 4 toko andalan Motoplex yang menawarkan 4 merek Piaggio Group (Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi) baru saja dibuka di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Untuk semakin memperkuat kehadirannya di Indonesia, Piaggio Group tengah membangun pabrik perakitan baru di atas lahan seluas 55.000 meter persegi, yang rencananya akan dibuka pada semester kedua 2022.
Pabrik baru ini akan berlokasi di Jakarta, di mana dengan pabrik yang ada saat ini di Vin Puch (Vietnam) dan Foshan (Tiongkok) akan meningkatkan jumlah produksi Piaggio Group untuk pasar Indonesia. Artinya, saat ini Piaggio Group sedang berada di atas angin di Indonesia.
Maka, tahun ini adalah kesempatan yang pas bagi mereka untuk menegaskan cengkeraman di pasar Indonesia. Melihat antusiasme masyarakat terhadap Aprilia di MotoGP Indonesia, maka bukan tidak mungkin brand ini akan jadi andalan baru PT Piaggio Group. Masyarakat akan mudah sekali terhubung dengan brand Italia yang memiliki DNA balap kental tersebut.
Yang perlu “digas” lagi adalah bagaimana Aprilia memperkuat brandingnya serta memberikan produk-produk baru yang membuat konsumen tertarik.(*)
Editor : A.R Bacho
Artikel Terkait