Terinspirasi Sahabat Nabi dan Penuh Seni, Ini 5 Masjid yang Dirancang Presiden Soekarno

Rizky Syahrial
Masjid Jamik di Bengkulu (foto: dok wikipedia)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno melakukan kontribusi kepada masjid-masjid di setiap daerah. Tidak hanya untuk ibadah, masjid yang di bangun oleh juga di isi masyarakat sebagai tempat wisata.

Dikutip dari laman resmi Instagram Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) @Pdiperjuangan, Rabu (6/4/2022), Istiqlal menjadi salah satu masjid besutan Bung Karno. Sebagai masjid yang tersebsar di Asia Tenggara, Istiqlal juga menjadi tempat favorit turis baik mancanegara maupun dalam negeri.

Selain Istiqlal, ada lima masjid sebagai kontribusi Bung Karno selama masa kepresidenannya. Berikut ini adalah nama-namanya;

Masjid Salman, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Masjid Salman sendiri diberi langsung oleh Bung Karno yang terinspirasi dari sehabat mabi Salman Al-Farisi. Tahun 1964 silam, Mahasiswa ITB membacakan Ikrar untuk membangun masjid di kampus mereka.

Bung Karno memanggil delegasi dari kampus ITB serta ia mengatakan sanggup untuk memenuhi permintaan mereka. Mulai tanggal 5 Mei 1972, Masjid ini resmi dibuka untuk salat Jumat.

Masjid Syuhada, Yogyakarta

Masjid Syuhada juga menjadi salah satu masjid yang indah di Yogyakarta. Masjid ini dibuat oleh Bung Karno untuk mengenang para pahlawan yang menyerang pos kotabaru tentara jepang 7 Oktober 1965.

Dalam pembuatan masjid tersebut, Bung Karno tidak hanya memberikan sumbangan moril, tetapi sumbangan material sebesar Rp100 ribu ia sumbangkan untuk membuat kubah persada.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network