PODCAST : Nonton Persita Gak Boleh Kumal, 10 Tahun North Legion

Syahrir Rasyid

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Kini, North Legion merayakan ulang tahun yang ke 10. North Legion dibentuk 25 Agustus 2012 lalu. Cikal bakal berdirinya dari North Legion berasal dari komunitas suporter Viola Perdamaian. Adapun Viola Perdamaian bagian dari komunitas suporter Laskar Benteng Viola, suporter pertama Persita. 

Lebih lengkap saksikan Podcast iNewsSerpong dengan North Legion, klik di laman ini.

North Legion hadir untuk mengubah citra suporter sepak bola di Tangerang khususnya Persita. Sudah menjadi rahasia umum pada era awal 2000-an, kekerasan selalu mewarnai dalam setiap pertandingan. "Pada saat itu, bukan sekadar tawuran dan rusuh tetapi sudah menelan korban jiwa," ungkap Muhammad Olga, penanggung jawab North Legion.

Nonton Bola Aman, Nyaman dan Menyenangkan

Untuk mengubah image suporter yang penuh kekerasan, menurut Olga dibentuklah komunitas suporter Viola Perdamaian. Namun rupanya cita-cita itu belum bisa diwujudkan. Aksi rusuh dan kekerasan masih saja terjadi meski frekuensinya sudah menurun. "Kami ingin nonton bola, aman, nyaman dan  menyenangkan untuk semua," jelas Olga.  

Dari tujuh komunitas suporter Persita Tangerang, di lapangan posisi North Legion berada sebelah utara tribun stadion. North Legion adalah komunitas suporter yang mengadopsi kultur ultras dan berdiri sendiri.

Ultras adalah sebutan bagi kelompok suporter sepak bola yang cenderung fanatisme dan ekstremisme dalam memberikan dukungan bagi klub sepak bola tertentu. Meski demikian, North Legion tidak mengadopsi mentah-mentah kultur Ultras seperti di luar negeri. Hanya menyerap nilai-nilai baik seperti cara mendukung dan loyalitas. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid