get app
inews
Aa Read Next : Awal Pekan,  IHSG Terkoreksi 0,01 Persen ke 6.879

BEI Gembok Saham Rukun Raharja (RAJA) Setelah Meningkat 144 Persen

Jum'at, 22 Juli 2022 | 09:50 WIB
header img
Meroket 144 Persen, Bursa Akhirnya ‘Gembok’ Saham Rukun Raharja (RAJA). (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Peningkatan harga saham PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) yang naik signifikan sebanyak 144 persen.

Membuat otoritas pasar modal yakni Bursa Efek Indonesia (BEI)menghentikan sementara perdagangan saham  (suspensi) emiten berkode RAJA ini mulai perdagangan sesi I hari ini, Jumat (22/7/2022).

Bursa ‘menggembok’ saham RAJA dalam rangka cooling down lantaran telah terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan akhir-akhir ini.

Suspensi saham RAJA tersebut dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai.

“[Penghentian tersebut] dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham PT Rukun Raharja Tbk (RAJA),” jelas BEI, dikutip IDXChannel, Jumat (22/7/2022).

Untuk itu, kata bursa, para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan.

Harga saham RAJA memang melambung tinggi sepanjang Juli ini. Dalam sepekan, saham RAJA terkerek 27,07% dan dalam sebulan terbang 144,22%.

Alhasil, sejak awal tahun (ytd), saham milik pengusaha nasional Hapsoro ini sudah meroket 364,29%.

Sebelum melakukan suspensi, BEI sendiri telah memasukkan saham RAJA ke dalam radar pantauan setelah pergerakan saham ini dinilai di luar kebiasaan atau Unusual Market Activity (UMA).

Menanggapi UMA, pada Kamis (21/7), manajemen RAJA menjelaskan, tidak ada informasi material yang disampaikan dalam waktu dekat.

“Sampai dengan sat ini tidak ada informasi material yang belum disampaikan ke publik,” kata manajemen RAJA.

Selain itu, kata pihak RAJA, perseroan tidak mengetahui kebenaran/ketidakbenaran atas sebagian/seluruh dari informasi yang menyangkut Perusahaan Tercatat yang beredar sebagai rumor atau beredar di media massa yang mempengaruhi harga saham Perseroan.

Namun demikian, lanjut manajemen, perusahaan perlu menyampaikan bahwa bisnis perseroan memang berkembang secara signifikan.

Hal ini sejalan dengan kinerja keuangan Perseroan kuartal I yang sudah Perseroan sampaikan kepada publik melalui situsweb BEI.

Manajemen bilang, perkembangan bisnis tersebut adalah terkait proyek yang dikerjakan perseroan juga sudah disampaikan pada Paparan Publik tanggal 10 September 2021.

“Seluruh proyek tersebut telah rampung dikerjakan dan diharapkan akan memberikan peningkatan kinerja keuangan perseroan. Salah satu proyek yang berkontribusi cukup signifikan adalah proyek pipa minyak Rokan,” pungkas manajemen RAJA.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut