Logo Network
Network

Manusia Terkaya di Dunia, Elon Musk. Penasaran Ingin Tahu Kekayaannya? 

Ratih Ika Wijayanti/Net
.
Sabtu, 23 Juli 2022 | 10:32 WIB
Manusia Terkaya di Dunia, Elon Musk. Penasaran Ingin Tahu Kekayaannya? 
Elon Musk, orang terkaya di dunia versi Forbes. (Foto : Ist)

IDXChannel, iNewsSerpong.id – Ingin tahu kekayaan Elon Musk? Bukan hanya Anda banyak orang lain juga penasaran.

Sebagai orang terkaya di dunia, Forbes mencatat kekayaan Elon Musk mencapai USD219 miliar atau setara Rp3.270 triliun (asumsi kurs Rp14.937 per USD).

Total kekayaan tersebut membuat Elon Musk menjadi manusia paling kaya di muka bumi saat ini. 

Lantas, seberapa kaya Elon Musk? Dari mana saja sumber kekayaannya? Yuk, simak ulasannya dalam penjelasan lengkap IDXChannel berikut ini!

Seberapa Kaya Elon Musk?

Jika Anda membayangkan seberapa banyak kekayaan seorang Elon Musk, Anda bisa membayangkan bagaimana harta kekayaan bos Tesla ini bisa membeli 32 National Football League yang berdasarkan laporan Sportico nilai akumulasinya mencapai USD112 miliar. 

Kekayaan Elon Musk bahkan lebih besar dari itu. Dengan hartanya yang mencapai USD219 miliar atau sekitar Rp3.270 triliun, Elon Musk bahkan sanggup mengakuisisi Twitter dengan nilai mencapai USD44 miliar atau setara dengan Rp635 triliun.    

Kekayaan pria berusia 51 tahun ini bahkan diperkirakan melebihi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari negara seperti Finlandia dan Kolombia. Nilai kekayaannya juga lebih besar 3 kali lipat dibanding nilai kekayaan sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang saat ini tercatat memiliki harta sebesar USD67,3 miliar. 

Sebagian besar kekayaan seorang Elon Musk berasal dari perusahaan teknologi miliknya yakni Tesla. Tesla Inc. merupakan produsen mobil dan baterai listrik asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk. Di perusahaan ini, Musk menjadi founder sekaligus pemegang saham terbesar yakni sebesar 21 persen.  

Di tangan Elon Musk, Tesla berhasil menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai USD1,03 triliun. Tak heran jika perusahaan ini mampu menyumbangkan kekayaan melimpah untuk orang terkaya di dunia ini. 

Tetap Menjadi Orang Terkaya Meski Saham Tesla Merosot

Saham Tesla sempat mengalami penurunan cukup dalam hingga menyentuh ke level terendah tahun ini. Elon Musk bahkan harus merelakan sebanyak USD12,3 miliar atau sekitar Rp180 triliun dari kekayaan bersihnya. 

Sejak Musk mengakuisisi Twitter pada April 2022 lalu, saham Tesla justru menurun hingga 28% pada Mei 2022. Meski kehilangan banyak hartanya, nyatanya Elon Musk masih menjadi orang terkaya dengan kekayaan yang menurut data real time Forbes mencapai USD219 miliar atau setara 3 juta kali lebih besar dari pendapatan rumah tangga rata-rata di Amerika Serikat. 

SpaceX dan Teh Boring Company 

Selain Tesla Inc. Elon Musk juga mendapatkan kekayaannya dari perusahaan SpaceX. Perusahaan ini adalah penyedia layanan peluncuran terkemuka di dunia yang mengirim astronot ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Perusahaan ini juga merupakan perusahaan pertama serta satu-satunya yang menyelesaikan misi dimana semua awaknya merupakan masyarakat sipil ke orbit luar angkasa. 

Sebagai perusahaan revolusioner yang menyediakan teknologi luar angkasa, kapitalisasi SpaceX bahkan telah mencapai USD74 miliar sejak pertama kali didirikan pada 6 Mei 2022. 

Elon Musk juga memperoleh kekayaannya dari perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan terowongan dan infrastruktur di Amerika Serikat yakni The Boring Company (TBC). Adapun nilai perusahaan ini kini diperkirakan telah mencapai USD5,7 miliar.

Itulah ulasan mengenai seberapa kaya Elon Musk yang berhasil dirangkum IDXChannel dari berbagai sumber. Kekayaan Elon yang melimpah ruah ini membuat majalah bergengsi Forbes menempatkannya di posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia 2022. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.