get app
inews
Aa
Read Next : Ojol hingga Kurir Berhak dapat THR, itu Keputusan Pemerintah  

Pemerintah-DPR Sepakat Target Penerimaan Pajak 2023 Rp2.021,2 T, Tertinggi Sepanjang Sejarah

Sabtu, 17 September 2022 | 05:34 WIB
header img
Ilustrasi pajak. Foto: Ilustrasi/Pixabay

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Target penerimaan pajak 2023 dipatok sebesar Rp.2021,2 Triliun, tertinggi sepanjang sejarah RI. Hasil tersebut merupakan kesepakatan antara Pemerintah dan DPR

“Dengan kondisi pemulihan ekonomi tahun 2023 yang diperkirakan akan semakin menguat, Pemerintah optimis bahwa pendapatan negara khususnya penerimaan perpajakan akan terus meningkat,” dikutip dari rilis resmi Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, di Jakarta, Jumat(16/9/2022).

Dijelaskan, penerimaan perpajakan tahun 2023 tumbuh 5,0 persen dari outlook APBN 2022 yang ditopang oleh penerimaan pajak sebesar Rp1.718,0 triliun dan kepabeanan dan cukai Rp303,2 triliun. 

Untuk itu, kebijakan penerimaan perpajakan tahun 2023 diarahkan untuk optimalisasi pendapatan negara yang mendukung transformasi ekonomi dan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dengan memastikan implementasi reformasi perpajakan berjalan efektif dalam rangka penguatan konsolidasi fiskal. 

Dengan demikian, adanya implementasi reformasi perpajakan akan menjaga iklim investasi, keberlanjutan dunia usaha, dan melindungi daya beli masyarakat.

"Optimalisasi pendapatan akan dilakukan melalui reformasi perpajakan yang difokuskan pada perbaikan sistem perpajakan agar lebih sehat dan adil. Hal ini dilakukan melalui penggalian potensi, perluasan basis perpajakan, peningkatan kepatuhan wajib pajak, serta perbaikan tata kelola dan administrasi perpajakan melalui inovasi layanan," bunyi rilis tersebut.

Di sisi lain, Pemerintah akan terus memberikan berbagai insentif perpajakan yang tepat dan terukur guna mendorong percepatan pemulihan dan peningkatan daya saing investasi nasional serta memacu transformasi ekonomi.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut