get app
inews
Aa Read Next : Surya Paloh Temui Prabowo Subianto di Kertanegara, Bahas Urusan Apa?

Tim Putri Indonesia Ikut Piala Dunia Sepak Bola Jalanan 2022 di Qatar

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 14:25 WIB
header img
Keberangkatan tim putri Indonesia ke Piala Dunia Sepak Bola Jalanan 2022 di Qatar. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Prabowo Subianto-melalui Yayasan Akademi Nusantara Bersatu—mensponsori kepergian tim Putri Indonesia ke Piala Dunia Sepak Bola Jalanan 2022 di Qatar. Di yayasan ini, Prabowo menjabat Ketua Dewan Pembina. 

Pelepasan keberangkatan Tim Putri Garuda Baru dihadiri Deputi Bidang Perlindungan Anak Khusus Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nahar dan Komisioner KPAI, Jastra. Ajang ini digelar 8–15 Oktober 2022, diikuti 26 negara.

Ketua Umum Yayasan Akademi Nusantara Bersatu, Fary Djemi Francis mengatakan, Prabowo menitipkan kepada tim yang akan berangkat, berjuang sekuat tenaga meraih kemenangan. “Salam dari Ketua Dewan Pembina Yayasan Akademi Nusantara Bersatu Prabowo Subianto. Selamat berjuang bagi para pemain,” kata Fary saat melepas keberangkatan Tim Putri Garuda Baru menuju Qatar di Menteng Huis, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022). “Kibarkan sang merah putih karena sepak bola adalah kebanggaan dan jati diri bangsa Indonesia. Itu pesan Ketua Dewan Pembina Akademi Nusantara Bersatu.”

Fary menjelaskan, pemain yang diberangkatkan adalah anak jalanan, kelompok marginal dan harus amatir berusia 14-17 tahun. Dukungan untuk kepergian tim ini sejalan dengan Yayasan Akademi Nusantara Bersatu yang memiliki blue print “Nusantara Way” untuk sepak bola Indonesia bisa tampil di Piala Dunia pada 2030. 

Dalam blue print ini, Yayasan Akademi Nusantara Bersatu akan memberikan kesempatan bagi talenta muda Indonesia untuk bisa berlatih sepak bola secara modern, membangun karakter pemain, dan membangun sepak bola nasional yang dikaitkan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Tujuan sepak bola jalanan ini salah satunya membangun karakter anak-anak kita. Ini sejalan dengan salah satu tujuan dari Nusantara Way, yaitu pembangunan karakter. Untuk itu kami memberikan dukungan penuh kepada Tim Putri Garuda Baru yang akan berlaga di Doha,” ujar Fary. “Ini kesempatan bagi anak-anak kita untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.” 

Manager Tim Putri Garuda Baru, Jessica Hutting mengatakan,mdebut tim Garuda Baru dimulai saat Piala Dunia Anak Jalanan di Rio de Jeneiro, Brazil tahun 2014. Saat itu Indonesia mengirim tim putra dan putri. Kemudian berlanjut di Piala Dunia Anak Jalanan di Moskow, Rusia tahun 2018. 

Namun, kali ini Indonesia hanya mengirim tim putri. “Karena isu-isu sosial terkait anak perempuan di Indonesia patut menjadi perhatian bagi masyarakat luas. Tingginya angka kekerasan seksual pada anak perempuan atau pernikahan usia dini adalah beberapa alasan bahwa anak perempuan Indonesia belum sepenuhnya terlindungi,” tutur Jessica. 

Dia menuturkan, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak dari berbagai negara yang hidupnya terkoneksi dengan jalanan untuk mengikuti konfrensi anak jalanan yang membahas isu-isu seputar anak dan sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia. Pada tahun 2018, diwakili tim putra, Indonesia melaju hingga babak semifinal dan berhasil menyabet penghargaan individu penjaga gawang terbaik. Pada 2014 di Brasil, dengan menurunkan tim putra dan putri, pasukan Garuda Baru menyabet penghargaan Best Team Spirit (Putra) dan The Fair Play Team (Putri). 

Pertandingan skala dunia untuk anak jalanan ini berawal pada 2010 di Afrika Selatan untuk menyambut gelaran FIFA World Cup Afrika Selatan. Saat itu dilakukan penertiban umum terhadap anak jalanan. Melihat hal itu, para relawan kemanusiaan membuat liga khusus untuk anak jalanan berupa kompetisi, konfrensi anak dan berlanjut seiring setiap penyelenggaraan Piala Dunia. (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut