JAKARTA,iNewsSerpong.id – Brand-brand sepatu lokal kian berjaya ditanah air, dan memiliki pangsa pasar tendiri. terbukti sejumlah produk lokal mampu bersaing dan mendapat perhatian tersendiri bagi pencinta sepatu.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat menghadiri Urban Sneaket Society (USS) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Mengapresiasi produk-produk lokal serta kreativitas yang ditinjukkan pada produk fashion yakni sepatu dan pakaian karya anak bangsa.
"Urban Sneaker Society ini keren banget, buah dari kreativitas anak-anak muda kita yang tidak kalah dengan brand luar," ujar Erick Thohir saat mengunjungi Urban Sneaker Society (USS) di Jakarta Convention Center, Jumat (3/12/2021).
Menurutnya ajang USS menjadi bukti bahwa generasi muda Indonesia memiliki kemampuan dan kemauan besar untuk maju dan berkembang. Menurutnya, kebanggaan menggunakan produk lokal harus terus digaungkan melalui berbagai cara, termasuk ajang USS tersebut.
"Anak muda harus berani berkarya dan supaya kita juga bisa menjadikan pop culture negeri kita sendiri," kata Erick Thohir.
Erick juga mengapresiasi PT Bank Mandiri (Persero) yang sejak 2019 telah mendukung ajang USS. Dukungan Mandiri, kata dia, bentuk nyata keberpihakan BUMN kepada brand lokal. Erick menyebut brand sneaker salah satu contoh UMKM yang terus berinovasi dalam menciptakan produk yang sesuai dengan perkembangan zaman.
"Kalau brand lokal sudah dihargai di negeri ini, UMKM pasti akan terus tumbuh," ungkap Erick.
Cofounder dan CEO USS Networks Sayed Muhammad mengaku bangga dan mengapresiasi kehadiran Erick dalam acara USS 2021. Sayed tak heran dengan Erick antusiasme Erick di ajang USS 2021 lantaran Sayed tahu mantan Presiden Inter Milan itu merupakan penggemar dan kolektor sneaker lokal.
Sayed menyampaikan Erick juga begitu bersemangat membeli sejumlah produk seperti jaket dari brand Raw type riot asal Bandung dan sepatu Compass yang tengah digemari di kalangan generasi muda.
"Pak Erick kolektor sneaker lokal, makanya tadi teman-teman pada senang banget, Pak Erick-nya juga senang karena nyambung ngobrolnya," ujar Sayed.
Sayed menyebut kehadiran Erick sangat berdampak besar bagi para brand sneaker lokal yang terdampak pandemi. Sayed menyampaikan penjualan sneaker lokal yang biasanya dilakukan saat event terpaksa harus berhenti dan hanya mengandalkan penjualan daring akibat pandemi.
Ia menilai dukungan Erick Thohir menjadi suntikan bagi para brand sneaker lokal untuk bisa bersaing dengan brand sneaker luar.
"Kehadiran Pak Erick semakin memberikan semangat. Tadi Pak Erick berinteraksi dan mendengarkan curhat para brand lokal soal kendala yang mereka hadapi selama pandemi ini," ucap Sayed.
Para brand lokal, lanjut Sayed, juga berterima kasih kepada Erick yang mendorong himpunan bank negara (Himbara), salah satunya Bank Mandiri, untuk membantu pembiayaan modal dengan pinjaman khusus bagi brand sneaker lokal. Tak hanya itu, lanjut Sayed, Erick juga mengajak para brand sneaker lokal untuk mengisi ruang di pusat perbelanjaan Sarinah yang akan menjadi etalase produk lokal bagi Indonesia.
"Intinya, Pak Erick bilang banyak solusi yang bisa disinergikan antara BUMN dengan brand sneaker lokal," ungkapnya.
Sayed menargetkan total transaksi ajang USS 2021 yang digelar sejak Kamis (2/12) hingga Minggu (5/12) mencapai Rp 20 miliar. Sayed mengatakan terjadi penurunan target dibandingkan total transaksi pada 2019 yang di atas Rp20 miliar lantaran adanya pembatasan jumlah tenant dan pengunjung untuk tahun ini.(*)
Editor : Syahrir Rasyid