get app
inews
Aa Read Next : Erupsi, Tinggi Letusan Gunung Semeru Capai 1.000 Meter di Atas Puncak

Gunung Semeru Meletus, Bikin Langit Langsung Gelap

Sabtu, 04 Desember 2021 | 19:01 WIB
header img
Dahsyatnya letusan Gunung Semeru Sabtu (4/12/2021) sore membuat langit langsung gelap. (Foto : Ist)

LUMAJANG, iNewsSerpong.id - Gunung Semeru  meletus langit langsung gelap, Sabtu (4/12/2021) sore. Akibatnya, warga panik hingga berlarian menyelamatkan diri. Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, tampak kolom abu erupsi bergumpal dengan ketinggian ribuan meter di atas puncak.

Sekeliling wilayah kawasan Semeru tampak hujan abu dan gelap. Dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terpantau gelap gulita pada sore hari usai letusan. Para penggali pasir di aliran Sungai Leprak lari menjauh.

Sementara itu, Tim BPBD Jawa Timur (Jatim) mengimbau masyarakat untuk menjauhi saerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Imbauan ini disampaikan untuk mengantisipasi banjir bandang atau lahar dingin dari Gunung Semeru. 

"Terjadi peningkatan aktivitas berapi Gunung Semeru disertai awan panas. Diimbau menjaui daerah sekitar sungai," katanya. Informasi yang dihimpun, tim BPBD Lumajang dan Jatim tengah membantu proses evakuasi warga di sekitar lereng.

Bekerja sama dengan perangkat desa setempat, mereka membantu mengevakuasi warga ke tempat aman.  "Kami semua bergerak ke lokasi. Mohon ikhtiar dan doa mugi selamat sedoyo," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut