get app
inews
Aa Read Next : Pesawat Batik Air Keluar Jalur, Fakta-fakta Pilot Tertidur saat Penerbangan Kendari-Jakarta

4 Area Jadi Fokus KNKT untuk Audit Transjakarta

Rabu, 08 Desember 2021 | 14:39 WIB
header img
Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan penyelidikan kepada PT Transjakarta. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada empat area yang menjadi fokus audit Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terhadap PT Transjakarta. "Mulai, Manajemen Organisasi, Pemastian Kesiapan Awak, Pemastian Kelaikan Kendaraan, dan Road Hozzard Mapping (RHM) atau Petunjuk Pemetaan Bahaya atau Hambatan pada Jalur," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Rabu (8/12/2021).

Soerjanto menjelaskan menurutnya Transjakarta adalah potret Indonesia sebagai percontohan transportasi yang baik, dan KNKT akan mendukung sepenuhnya untuk improvement keselamatan di Transjakarta.  "Adanya kerjasama antara kami KNKT dan Transjakarta, kita bisa ' mewujudkan keselamatan yang baik di sistem Transportasi kita," tuturnya. 

Sebelumnya, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta M Yana Aditya melakukan kunjungan resmi ke kantor KNKT, Selasa (7/12/2021).  Kunjungan resmi tersebut diterima langsung oleh Soerjanto Tjahjono selaku ketua KNKT, Plt. Kepala Sub Komite LLAJ KNKT, Ahmad Wildan, dan Para investigator moda LLAI serta Pejabat struktural Sekretariat KNKT. 

Dalam kunjungan tersebut Yana menyampaikan kecelakaan yang terjadi perlu dilakukan audit secara menyeluruh oleh KNKT yang dinilai kompeten dibidangnya. "Kami menyampaikan maksud dan tujuan kepada Ketua agar KNKT nantinya dapat memberikan rekomendasi terkait keselamatan di Transjakarta," kata Yana. 

Selain itu, sambung Yana, hasil rekomendasi yang disampaikan oleh Pihak KNKT akan diimplementasikan di layanan Transjakarta. "Ini upaya Transjakarta meningkatkan keselamatan di transportasi publik terutama di Transjakarta sekaligus untuk meminimalisir kecelakaan ke depannya," katanya. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut