get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Tiga Amalan Agar Selamat dari Musibah

Dalam UTBK 2023 Ada Mata Pelajaran Tidak Lagi Diujikan

Kamis, 01 Desember 2022 | 22:28 WIB
header img
Mata Pelajaran Tidak Lagi Diujikan dalam UTBK 2023 (Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Materi UTBK 2023 tidak akan menggunakan mata pelajaran lagi. Sebaliknya, akan ada 4 materi lain yang diujikan dan tidak berkaitan dengan mata pelajaran. 

Menurut Dirjen Dikti Kemendikbudristek Nizam hal tersebut dilakukan untuk bertransformasi dan mendapatkan hasil yang lebih konkret. Bahkan, praktik tersebut telah dilakukan sejak dulu di luar negeri.

"Jadi mengacu pada praktik internasional. Jadi, masuk perguruan tinggi tidak berdasarkan subjek atau pelajaran tepi potensi calon mahasiswa," ucap dia dalam konferensi pers, Kamis (1/12/2022).

Adapun, materi yang akan diujikan dalam UTBK 2023 adalah tes potensi skolastik, penalaran matematik, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris. Semua materi tersebut dinilai mampu melihat potensi kesuksesan dari calon mahasiswa.

"Jadi, kenapa ada seleksi karena mau pilih yang kemungkinan suksesnya paling tinggi sehingga yang diujikan potensinya, skolastik atau bakat atau kemampuan kognitif, literasi dan numerasi," ujar Nizam.

Walaupun begitu, Nizam mengingatkan para peserta ujian untuk tidak menyepelekan mata pelajaran. Sebab, hal tersebut juga penting untuk dipelajari sebagai pondasi dalam menjalani perkuliahan

"Dalam tes masuk perguruan tinggi, skolastik, numerasi, literasi tidak berarti mata pelajaran tidak penting. Sebab, pelajaran di SMA akan menjadi fondasi. Jadi memilih mata pelajaran sangat penting, khususnya memilih mata pelajaran di SMA, MA atau SMK," kata Nizam.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut