get app
inews
Aa Read Next : MV Trending di YouTube, ini Lirik Lagu Love All - IU dan Terjemahannya

Kreator Pemula Wajib Tahu! 5 Cara Upload Video ke YouTube Biar Banyak yang Nonton

Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:30 WIB
header img
Cara upload video ke YouTube biar banyak yang nonton (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cara upload video ke YouTube biar banyak yang nonton terbilang susah-susah gampang. Kamu harus menerapkan strategi tertentu agar orang lain tergiring untuk memutar video di kanal YouTube-mu.

Oleh sebab itu, tampilan awal video harus benar-benar diperhatikan. Kendati demikian, kualitas video juga tak boleh dilupakan agar penonton tetap setia di channel YouTube-mu.

Adapun langkah-langkah mengunggah video YouTube yang dapat menghasilkan banyak penonton adalah sebagai berikut.

Cara upload video ke YouTube biar banyak yang nonton

1.Menentukan tema video yang menarik

Video yang menarik tentu akan lebih mudah mendatangkan banyak penonton. Oleh sebab itu, kreativitas dan pengetahuan kreator harus dituangkan dalam video yang akan dibuat.

Selain itu, kreator juga disarankan untuk membuat video yang berhubungan dengan topik yang sedang menjadi tren. Untuk mengetahui minat penonton terhadap tema tertentu, kreator bisa melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner.

Dengan demikian, video yang telah diunggah akan muncul di pencarian teratas jika orang lain mengetikkan kata kunci tertentu. Jika relevan, videomu akan diklik oleh pengguna lain.

2.Membuat video dan thumbnail

Setelah tema telah ditentukan, kamu bisa mulai membuat video. Pastikan gambar dan suara yang dihasilkan terlihat dan terdengar jernih.

Selain video, kamu juga harus membuat thumbnail agar dapat menarik minat penonton sebelum klik videomu. Sementara itu, thumbnail yang baik akan berisi judul dan gambar yang sesuai dengan tema konten.

3.Mengunggah video dengan judul yang menarik

Setelah video dibuat, kamu bisa langsung mengunggahnya di kanal YouTube yang kamu kelola. Langkah selanjutnya adalah menuliskan judul dengan menggunakan kata kunci tertentu sesuai dengan hasil riset.

Video yang memiliki judul menarik tentu lebih berpeluang untuk diklik oleh orang lain. Namun pastikan judul yang kamu buat telah sesuai dengan isi video, sehingga kamu disarankan untuk menghindari clickbait.

Adapun beberapa trik dalam membuat judul yang menarik adalah terdiri dari 40 sampai 50 karakter. Selain itu, penambahan angka dan frasa dalam tanda kurung juga meningkatkan jumlah klik terhadap video yang diunggah.

4.Melengkapi video yang diunggah dengan deskripsi dan tag

Selain judul, kamu juga harus memperhatikan deskripsi video. Pada dasarnya, penulisan deskripsi tidak perlu terlalu panjang, asalkan berisi informasi yang padat dan kuat, sehingga penonton dapat mengetahui gambaran tentang video yang hendak diputar.

Tak hanya itu, kamu juga harus menambahkan tag yang sesuai dengan konten video agar lebih mudah muncul di kolom pencarian. Tak perlu terlalu banyak, kamu bisa menuliskan tag berdasarkan kata kunci utama dan sekunder video sekaligus kategori dari video yang kamu buat.

5.Menambahkan end screens 

End screens merupakan tampilan tambahan berbentuk thumbnail kecil yang muncul di akhir video. Dengan menambahkan end screens, kamu bisa menggiring penonton untuk klik video lain di kanal YouTube-mu yang relevan dengan video yang baru saja diputar.


Itulah cara upload video ke YouTube biar banyak yang nonton. Selamat mencoba. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut