get app
inews
Aa Read Next : Siap Nikah? Mahalini dan Febian Berfoto Latar Belakang Biru

Waspada! Kata Ahli Gizi Susu Kental Manis Bisa Picu Obesitas dan Diabetes Anak

Sabtu, 04 Februari 2023 | 08:44 WIB
header img
Kandungan gula yang tinggi pada susu kental manis dapat menyebabkan diabetes. (Foto : Ist)

Kandungan gula yang tinggi pada susu kental manis dapat menyebabkan diabetes. (Foto : Ist)

 JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sudah menjadi rahasia umum bahwa kandungan gula yang tinggi pada susu kental manis dapat menyebabkan diabetes.

Hal ini disebabkan kental manis mengandung tambahan gula yang tinggi dan protein sangat rendah sehingga minim zat gizi bermanfaat.

Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat dr Tan Shot Yen membeberkan bahwa 45 gram susu kental manis yang diencerkan hingga 150 cc untuk satu kali minum bisa mengandung kurang lebih 20 gram gula.

Konsumsi Gula Orang Dewasa

Sementara, World Health Organization (WHO) telah menekankan konsumsi gula pada orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 25 gram dalam sehari.

Menurut dia, mau dikonsumsi dalam bentuk apa pun baik hanya dijadikan topping, pelengkap, atau campuran pada makanan maupun minuman, susu kental manis tetap saja bisa membahayakan tubuh.

"(Fungsi susu kental manis) Nggak tahu. Cuma buat ramai-ramai saja. Jadi ngeri apabila makanan ini dianggap lumrah walaupun tidak dipakai untuk bikin susu (diseduh)," ujar Tan, belum lama ini.

Konsumsi susu kental manis dalam jangka panjang dan rutin dapat menyebabkan anak-anak berisiko mengalami obesitas dan diabetes. Ini karena tingginya kadar gula yang terkandung dalam susu kental manis.

Mengonsumsi gula secara berlebihan menyebabkan tubuh memerlukan lebih banyak insulin untuk menjaga kadar glukosa dalam darah tetap normal. Kondisi ini menyebabkan mekanisme insulin menjadi terganggu dan sel akan menjadi resisten terhadap efek insulin.

Seseorang yang mengalami resistensi insulin memiliki kadar insulin dalam darah yang lebih banyak. Kadar insulin yang meningkat dapat menyebabkan banyak glukosa dalam aliran darah yang disimpan dalam sel lemak sehingga tubuh menjadi cepat gemuk.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi yang meningkatkan risiko diabetes, terutama diabetes tipe 2 atau diabetes mellitus. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 02 Februari 2023 - 20:51 WIB oleh Sujoni dengan judul "Ahli Gizi: Susu Kental Manis Bisa Picu Diabetes Anak".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut