get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi 5 Masalah pada Mobil yang Kerap Terjadi di Musim Hujan

3 Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor saat Musim Hujan, Caranya Gampang dan Tak Perlu Biaya Besar  

Senin, 27 Februari 2023 | 10:15 WIB
header img
Memperbaiki atap rumah yang bocor saat musim hujan sangat penting bagi kenyamanan pemilik rumah. Foto: istimewa

JAKARTA, iNews.id - 3 cara mengatasi atap rumah bocor. Saat musim hujan seperti sekarang, atap rumah yang bocor tentu menjadi masalah besar. 

Pasalnya kebocoran pada atap rumah mengakibatkan banjir di dalam rumah, dan kerusakan pada bagian lain di rumah. Dan tentu saja, ini menjadi sangat merepotkan karena dapat mengganggu kenyamanan pemilik rumah. 

Nah, berikut 3 cara mengatasi atap rumah bocor yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Cari sumber kebocoran

Langkah pertama ini sangat penting, yakni cari dan temukan tanda-tanda kebocoran pada atap seperti noda air di langit-langit. Lalu, catat lokasi kebocoran tersebut. 

Setelah itu, pergilah ke luar rumah dan gunakan teropong atau mendekat ke atap untuk menemukan titik kebocoran. Perlu diperhatikan bahwa kebocoran dapat terjadi di berbagai bagian atap, sehingga periksa apakah ada retakan atau bagian atap yang hilang

2. Segera lakukan pergantian

Jika terdapat retak atau kerusakan pada atap, langkah perbaikan sederhana yang dapat dilakukan adalah menggantinya dengan atap yang baru. Untuk mengganti atap yang rusak, angkatlah bagian tepi di sekitarnya dengan hati-hati dan lepaskan. Setelah itu, pasanglah atap baru sebagai penggantinya.

3. Perbaiki flashing

Apabila kebocoran atap disebabkan oleh flashing (seng) di sekitarnya, cara perbaikannya adalah dengan menutup kembali sambungan tersebut menggunakan caulking gun atau pistol mendempul yang diisi dengan semen atap. 

Jika terdapat kerusakan pada sambungan yang sebelumnya telah ditutup dengan semen atap, maka aplikasikan kembali dengan lapisan baru menggunakan kape.

Jika sudah mencoba berbagai cara namun kebocoran atap masih belum teratasi, kemungkinan sudah saatnya untuk memanggil tenaga profesional guna memeriksa kondisi atap. 

Hal ini dikarenakan, perbaikan sementara tidak akan memperpanjang masa pakai atap yang sebenarnya sudah memerlukan penggantian.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut