get app
inews
Aa Read Next : Polisi Imbau Warga Hindari Kawasan GBK dan Patung Kuta, Ada Aksi May Day

Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno Penuh Sejarah dan Aset Negara Terbesar

Selasa, 09 Mei 2023 | 13:56 WIB
header img
Tahukah kamu aset negara paling mahal di Indonesia? Ternyata, bukan kekayaan alam yang berlimpah, melainkan komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta.. (Foto: setkab.go.id)

SERPONG, iNewsSerpong.id - Tahukah kamu aset negara paling mahal di Indonesia? Ternyata, bukan kekayaan alam yang berlimpah, melainkan komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta.

Informasi ini disampaikan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kekayaan Negara.

Menurut Direktur Barang Milik Negara (BMN) Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu, Encep Sudarwan, nilai aset kawasan GBK Senayan mencapai Rp348 Triliun. Hal ini merupakan sekitar 3,3 persen dari total aset negara yang saat ini mencapai Rp10.467,53 triliun. "Jadi, nilai asetnya merupakan yang tertinggi di Indonesia karena lokasinya yang berada di pusat kota," kata Encep, seperti yang dikutip kembali dari berbagai sumber oleh MPI pada Selasa (9/5/2023).

Encep menjelaskan bahwa nilai aset tanah kompleks Stadion Utama GBK di Senayan, Jakarta, mencapai angka Rp345 triliun. Sementara itu, nilai aset bangunan mencapai Rp3 triliun. Dengan demikian, total nilai aset GBK mencapai Rp348 triliun.

Seperti yang diketahui, kawasan Stadion Utama GBK direnovasi sebelum Asian Games ke-18. Pada saat itu, Indonesia terpilih kembali sebagai tuan rumah setelah 56 tahun. Untuk perbaikan Stadion Utama GBK, APBN mengalokasikan biaya sebesar 2,03 triliun rupiah.

Hasilnya menjadikan GBK diakui sebagai stadion olahraga dengan fasilitas terbaik di Asia. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pernah menyatakan bahwa Stadion Utama GBK adalah aset negara yang tidak hanya memiliki sejarah perjuangan, tetapi juga selamanya akan menjadi sumber energi yang membangkitkan semangat juang bangsa dalam meraih cita-citanya.

"Mari kita jaga aset negara ini, karena ini adalah milik rakyat Indonesia!" ajak Sri Mulyani.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut