Logo Network
Network

Bayar Utang Luar Negeri Pemerintah, Cadev Desember Turun Jadi USD144,9 Miliar

Suparjo Ramalan
.
Jum'at, 07 Januari 2022 | 12:20 WIB
Bayar Utang Luar Negeri Pemerintah, Cadev Desember Turun Jadi USD144,9 Miliar
Bayar Utang Luar Negeri Pemerintah, Cadev Desember Turun Jadi USD144,9 Miliar Ilustrasi Bank Indonesia.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bank Indonesia mencatat pada akhir Desember 2021 cadangan devisa (cadev) Indonesia sebesar 144,9 miliar dolar AS.

Meski demikian bila dibandingkan dengan posisi November 2021 terjadi penurunan . Cadev November tercatat sebesar 145,9 miliar dolar AS. 

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan penurunan posisi cadangan devisa pada Desember 2021 antara lain dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah. 

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,0 bulan impor atau 7,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,"ucap Erwin Haryono dalam rilis yang disampaikan Bank Indonesia, Jumat, (7/1/2022)

 

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

 

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.(*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini