get app
inews
Aa Read Next : Skrining Upaya Melawan Kanker Bersama Siloam untuk Indonesia Lebih Sehat

MRCC Gelar Oncology Summit 2023, Bukti Keseriusan Meningkatkan Tenaga Medis Tangani Kanker

Jum'at, 19 Mei 2023 | 17:19 WIB
header img
Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) menyelenggarakan Oncology Summit 2023 selama empat tahun berturut-turut. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sebagai bukti nyata komitmen Grup RS Siloam dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas pelayanan di bidang onkologi, Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) telah menyelenggarakan Oncology Summit 2023 selama empat tahun berturut-turut.

Acara ilmiah ini merupakan forum untuk pertukaran pengetahuan dan pengembangan ilmu dalam penanganan kanker bagi dokter umum dan dokter spesialis sebagai garda terdepan dalam merawat pasien kanker.

Oncology Summit dilaksanakan mulai tanggal 19 hingga 20 Mei 2023 dan dibuka oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FINASIM, FACP, serta Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia, Dr. dr. Cosphiadi Irawan, Sp.PD-KHOM.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 700 spesialis, sub-spesialis, dokter, dan tenaga medis dari seluruh Indonesia, baik secara online maupun offline. Simposium tersebut membahas beberapa jenis kanker yang paling umum ditemui, seperti kanker paru-paru, mieloma, tumor otak, onkologi ginekologi, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Oncology Summit juga menghadirkan lebih dari 70 spesialis dan sub-spesialis kanker terkemuka di Indonesia sebagai pembicara, dan turut mengundang Prof. William Hwang, MBBS, M. Med, FRCP, FAMS dari Singhealth, serta Prof. Pierce Chow MBBS, M. Med, FAMS, FRCS, PhD, Senior Konsultan dari National Cancer Center Singapore (NCCS).

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia, dengan hampir 10 juta kematian terjadi pada tahun 2020. Data Kementerian Kesehatan RI tahun 2022 menunjukkan bahwa angka kejadian kanker di Indonesia mencapai 136 per 100.000 penduduk, menempati peringkat ke-8 di Asia Tenggara.

Dengan peningkatan jumlah kasus kanker yang semakin kompleks di Indonesia, pendekatan multidisiplin yang terkoordinasi antara berbagai spesialis diperlukan untuk mencapai prognosis yang optimal dalam upaya menyembuhkan pasien. Pendekatan ini didukung oleh keahlian medis dari berbagai spesialisasi dan sub-spesialisasi, teknologi, serta infrastruktur. Sebagai bagian dari Grup RS Siloam, MRCCC memiliki visi menjadi "Building of Hope" atau Rumah Harapan bagi semua pasien kanker.

Hingga saat ini, RS Siloam terus berperan aktif dalam menutup kesenjangan dalam penanganan kanker dengan berkolaborasi bersama pemerintah, organisasi kesehatan, mitra atau rekanan, serta komunitas.

Modalitas pengobatan kanker yang tersedia di MRCCC meliputi bedah, kemoterapi, radioterapi, serta terapi yang disesuaikan seperti terapi target dan imunoterapi sesuai dengan hasil pemeriksaan genetik masing-masing individu. Saat ini, pengobatan kanker di MRCCC terus ditingkatkan untuk mencapai pendekatan pengobatan yang personal berdasarkan jenis dan mutasi genetik kanker.

Sejak tahun 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengusung tema "Tutup Kesenjangan Perawatan" dalam peringatan Hari Kanker Sedunia guna mengurangi kesenjangan dalam pengetahuan dan perawatan kanker. Sejalan dengan tema tersebut, Siloam Hospitals menyelenggarakan acara Oncology Summit sebagai bagian dari kampanye SELANGKAH (SEmangat LAwan KAnker). Kampanye ini dilaksanakan melalui beberapa kegiatan, yaitu:

Selangkah untuk Akses Medis, dimulai dari bulan Maret hingga Desember 2023, dengan menyediakan deteksi dini kanker payudara gratis (mamografi) bagi 25.000 wanita di 13 RS Siloam. Selain meningkatkan kesadaran masyarakat, tujuan dari kegiatan ini adalah mendeteksi kasus kanker lebih awal sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup.

Selangkah untuk Edukasi, melibatkan masyarakat umum dalam upaya pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan penyakit kanker melalui radio talk show, podcast, dan media sosial. Kegiatan ini akan dilakukan secara intensif sepanjang tahun 2023.

Selangkah untuk Meningkatkan Kompetensi, dilaksanakan pada tanggal 19-20 Mei 2023 melalui penyelenggaraan Oncology Summit. Acara ini bertujuan sebagai wadah pembelajaran dan pertukaran wawasan antara dokter, spesialis, sub-spesialis, dan tenaga medis di bidang onkologi.

"Melalui rangkaian acara Oncology Summit ini, kami berharap dapat menutup kesenjangan dalam kompetensi tenaga medis di Indonesia. Kami mengajak semua pihak untuk berperan serta dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesenjangan dalam penanganan kanker dapat teratasi. Setiap individu harus dapat mengakses layanan kanker dan mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, kapan pun dan di mana pun mereka berada. Mari kita bergandeng tangan dalam menciptakan perubahan yang lebih baik dan menjadikan Indonesia lebih sehat," ujar dr. Adityawati Ganggaiswari, M.Biomed, MARS, Direktur MRCCC.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut