get app
inews
Aa
Read Next : Zita Anjani Putri Ketum PAN Pamer Kopi Starbucks Latar Belakang Masjidil Haram Makkah, Ramai Dikecam

China Kalahkan Jepang sebagai Eksportir Mobil Terbesar di Dunia

Minggu, 21 Mei 2023 | 09:27 WIB
header img
China asapi Jepang sebagai eksportir mobil terbesar di dunia. (Foto/Ilustrasi : Ist)

BEIJING, iNewsSerpong.id - Pada kuartal pertama 2023, China mengekspor 1,07 juta kendaraan. Perolehan angka ekspor tersebut membuat Negeri Tirai Bambu itu menyalip Jepang yang dikenal selama ini produsen utama mobil dunia.

Adapun jumlah mobil yang diekspor China pada periode tersebut melonjak 58 persen dibanding kuartal I 2022.  Sementara pada saat yang sama, jumlah kendaraan yang diekspor Jepang sebanyak 954.185, naik tipis 6 persen dari tahun sebelumnya. 

Pada tahun lalu, China telah mengambil alih posisi Jerman sebagai pengekspor mobil terbesar kedua di dunia. Menurut Administrasi Umum Kepabeanan China, negaranya mengekspor 3,2 juta kendaraan pada 2022, sedangkan Jerman mengekspor 2,6 juta kendaraan.

Kebangkitan Industri Kendaraan

Meningkatnya ekspor kendaraan oleh China didorong permintaan mobil listrik dan penjualan ke Rusia. Pergeseran dari bahan bakar fosil telah membantu mendorong kebangkitan industri kendaraan di negeri Tirai Bambu tersebut.

Pada kuartal I 2023, ekspor kendaraan energi baru (NEV), yang mencakup mobil listrik, naik lebih dari 90 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara mitra utama Tesla di China, SAIC - pemilik merek MG - dan BYD, yang didukung oleh investor legendaris AS Warren Buffett, adalah salah satu pengekspor NEV teratas China.

Adapun produsen mobil listrik milik Elon Musk memiliki pabrik besar di Shanghai yang mengekspor ke berbagai wilayah, termasuk Jepang dan Eropa. Gigafactory Tesla saat ini mampu memproduksi 1,25 juta kendaraan per tahun, dan perusahaan berencana meningkatkan kapasitasnya.

Bulan lalu, mereka mulai membuat kendaraan sport Model Y untuk diekspor ke Kanada. China juga mengalami peningkatan ekspor ke Rusia sejak dimulainya perang dengan Ukraina.

Itu karena negara-negara Barat memberlakukan sanksi perdagangan terhadap Rusia. Tahun lalu, pembuat mobil China - termasuk Geely, Chery dan Great Wall - melihat pangsa pasar mereka di Rusia melonjak usai saingannya, termasuk Volkswagen dan Toyota keluar dari negara itu setelah invasi ke Ukraina. (*)


Industri mobil China semakin perkasa. (Foto : Reuters)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " China Salip Jepang Jadi Eksportir Mobil Terbesar di Dunia ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/china-salip-jepang-jadi-eksportir-mobil-terbesar-di-dunia.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut