get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Letak Pintu Darurat di Sisi Kanan Bodi Bus, Masih Terbatas Orang Tahu Kurang Sosialisasi

Ini Alasan Penumpang Pesawat Asia Buka Pintu Darurat saat Pesawat Masih Mengudara

Minggu, 28 Mei 2023 | 07:53 WIB
header img
Penumpang pesawat Asiana Airlines nekat membuka pintu darurat pesawat selama penerbangan karena ingin cepat turun (Foto; Yonhap via Reuters)

SEOUL, iNewsSerpong.id - Penumpang yang sengaja membuka pintu darurat dalam penerbangan Asiana Airlines dari Jeju ke Daegu, Korea Selatan, Jumat (26/5/2023), buka suara. Kepada polisi, pria 30 tahunan itu mengaku tak nyaman sehingga membuka pintu.

Kantor berita Yonhap, mengutip keterangan kepolisian Daegu Dongbu, melaporkan pria itu ingin cepat-cepat turun karena tak nyaman.

"Ingin turun dari pesawat dengan segera," demikian keterangan kepolisian Daegu Dongbu, Sabtu (27/5/2023).

Dia juga mengatakan kepada polisi sedang stres setelah kehilangan pekerjaan belum lama ini.

Kepolisian Daegu akan menahan pria yang tak disebutkan identitasnya itu setelah penyelidikan selesai.

Jin Seong Hyun, pengamat penerbangan yang juga mantan pejabat keselamatan kabin Korean Air, mengatakan sejauh pemahamannya kasus orang membuka pintu darurat saat pesawat masih mengudara belum pernah terjadi sebelumnya. Kasus yang terjadi sebelumnya adalah pintu darurat dibuka penumpang saat pesawat masih di darat.

Seorang pejabat kementerian perhubungan Korsel mengatakan, pintu darurat bisa dibuka oleh pria itu karena posisi pesawat sudah dekat dengan landasan yakni sekitar 200 meter dari tanah. Pada posisi itu tekanan di dalam dan di luar kabin sudah sama.

Akibat kejadian itu sembilan penumpang dilarikan ke rumah sakit akibat syok berat dan sesak napas. Delapan di antaranya merupakan siswa sekolah. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut