JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mobil listrik bukan lagi barang mewah. Kendaaran anti polusi ini sudah mewarnai jalan raya. Lantas, bagaimana perawatannya?
Memang mobil listrik termasuk minim perawatan bila dibandingkan dengan kendaraan konvesnional biasa. Namun pemilik tetap harus melakukan pengecekan sejumlah komponen mobil listrik agar siap dipakai kapan pun.
Pihak DFSK, produsen mobil listrik asal China memberikan sejumlah panduan bagian apa saja yang perlu di cek untuk perawatan.
1. Rutin Cek Radiator
Meski sudah tidak memiliki mesin, kendaraan listrik juga memiliki radiator. Fungsi kali ini mendinginkan kerja baterai dan motor listrik.
Coolant (air radiator) yang ada di dalamnya juga ternyata perlu diganti. Tapi untuk hal ini pemilik tak perlu sering-sering melakukannya, cukup dilakukan setiap 60.000 KM.
2. Perhatikan Oli Gardan
Walau kendaraan listrik tidak menggunakan oli mesin, bukan berarti tidak ada pelumas yang digunakan sama sekali. Pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi oli gardan.
Sebagaimana sebuah gardan, fungsinya sebagai penyalur tenaga. Gardan digunakan untuk menyalurkan tenaga dari motor listrik yang berada di depan, ke roda penggerak yang ada di belakang. Periode penggantian oli gardan setiap 20.000 KM atau 12 bulan pemakaian.
3. Mengganti Filter AC
Meski tidak berkaitan langsung dengan performa dari kendaraan, tapi perawatan mobil listrik yang satu ini juga sangat penting. Karena hubungannya dengan kenyamanan dan kesehatan pengendara.
Penggantian filter Air Conditioning (AC) disarankan rutin dilakukan guna menjaga sirkulasi udara di dalam kabin.
4. Pahami Buku Panduan
Sepertinya terkesan sepele, pemilik mobil harus membaca buku manual kendaraan. Di sini terdapat seluruh informasi teknis yang terkait dengan kendaraan dimiliki.
Bisa dibilang kendaraan listrik adalah barang baru buat mayoritas pengguna. Mungkin saja ada aspek-aspek penting yang belum diketahui, dan semua informasi tersebut ada di buku manual.
5. Servis di Bengkel Resmi
Apabila pemilik agak kesulitan untuk mengecek semua kondisi komponen tersebut, maka bisa serahkan kepada ahlinya.
Caranya dengan datang ke bengkel resmi dan melakukan servis berkala setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali (tergantung mana yang lebih dahulu dicapai). (*)
DFSK Gelora E jadi kendaraan komersial ringan berbasis baterai yang dipasarkan di Indonesia. (Foto : iNews.id)
Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mobil Listrik juga Butuh Perawatan, 5 Poin Penting Ini Harus Dicek ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/mobil-listrik-juga-butuh-perawatan-5-poin-penting-ini-harus-dicek.
Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
Editor : Syahrir Rasyid