get app
inews
Aa Read Next : Ibu Hamil Pakai Sabuk Pengaman, Begini Caranya Agar Nyaman Dalam Perjalanan

Ibu Hamil Bolehkah Makan Durian? Begini Penjelasannya

Rabu, 26 Juli 2023 | 08:24 WIB
header img
Bolehkah bumil makan durian? Yuk simak penjelasannya! (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bolehkah bumil makan durian? Pertanyaan seperti itu mungkin di benak sebagian ibu hamil. Apalagi, bila Anda pencinta buah durian  atau merasa ngidam dengan buah berduri ini.

Sebagai ibu hamil, tentu harus menjaga setiap asupan makanan. Di negara Asia, buah durian dianggap cukup tabu untuk dikonsumsi ibu hamil, karena bisa menyebabkan perut panas bahkan kontraksi.

Namun ternyata, tidak ada bukti ilmiah terkait hal itu, lho. Lantas bolehkah ibu hamil makan durian

Melansir dari Parenting First Cry, Selasa (25/7/2023), durian justru memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Di dalam durian, terkandung vitamin dan mineral serta organo-sulfur dan triptofan yang memiliki efek antioksidan.

Sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-mikrobanya membuat buah ini aman dikonsumsi bagi perempuan selama kehamilan. Berikut sederet manfaat durian selama kehamilan.

1. Tinggi serat

Kebanyakan ibu hamil sering mengalami sembelit akibat perubahan hormon dalam tubuh. Durian bertindak sebagai pencahar alami dan membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari usus. 

Manfaat ini juga dapat menjaga selaput lendir terlindungi karena kandungan seratnya mengurangi waktu paparan racun.

2. Sumber folat yang baik

Durian kaya akan asam folat dan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi baru lahir. Anda bisa mendapatkan 9 persen dari kebutuhan asam folat harian dari 100 gram durian.

3. Kaya akan vitamin B

Durian kaya akan vitamin seperti riboflavin, niacin, dan tiamin. Vitamin itu bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil secara keseluruhan.

4. Kaya akan vitamin C

Vitamin C tidak hanya membantu sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu ibu hamil dan janin dalam penyerapan kalsium dan zat besi.

5. Mengandung mineral

Durian juga kaya akan mineral seperti zat besi, tembaga, mangan, dan magnesium yang membuatnya sangat bermanfaat bagi wanita hamil yang membutuhkan peningkatan suplai darah untuk pertumbuhan janin.

Meskipun durian sarat dengan nutrisi, namun ibu hamil harus membatasi asupan konsumsinya. Sebab, durian mengandung glikemik tinggi yang mengandung gula dan karbohidrat dalam jumlah besar. Dua biji buah durian berukuran sedang bisa memberi Anda 60 kalori.

Jadi, makan durian secara berlebihan dapat menyebabkan lonjakan glukosa darah secara tiba-tiba dan juga dapat meningkatkan berat janin. Ini juga bisa menjadi penyebab utama obesitas pada anak.

Seperti yang sudah dijelaskan, durian memang aman dikonsumsi, namun ada beberapa pengecualian bagi ibu hamil yang mengalami kondisi tertentu, di antaranya:

- Wanita hamil dengan diabetes gestasional
- Wanita hamil dengan riwayat diabetes gestasional sebelumnya
- Wanita hamil dengan riwayat keluarga diabetes
- Wanita hamil yang mengalami obesitas
- Wanita hamil yang sangat disarankan untuk tidak menambah berat badan ekstra selain dari yang direkomendasikan
- Wanita hamil di trimester ketiga

Itulah jawaban dari pertanyaan, bolehkah bumil makan durian. Semoga dapat menjawab!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut