Logo Network
Network

Tahukah Fungsi IMEI Ponsel? Ternyata ini Tujuan Utamanya

Dini Listiyani
.
Jum'at, 04 Agustus 2023 | 14:20 WIB
Tahukah Fungsi IMEI Ponsel? Ternyata ini Tujuan Utamanya
Apa Fungsi IMEI Ponsel? Ini Tujuan Utamanya (Foto: Apple)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Apa fungsi IMEI ponsel? Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai fungsi dari identitas yang ada di ponsel. 

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik yang dimiliki setiap HP. Setiap smartphone tentu saja memiliki IMEI yang berbeda-beda. 

Biasanya jumlah nomor IMEI antara 15-17 digit dan dikeluarkan penyedia layanan untuk mengidentifikasi perangkat yang valid. Lantas, apa fungsi dari IMEI tersebut?

Fungsi IMEI Ponsel

Dikutip dari Make Tech Easier, nomor IMEI mempunyai satu tujuan utama yakni mengidentifikasi perangkat seluler. Tujuan kedua untuk mencegah pencurian. 

Jika perangkat seluler dapat diidentifikasi secara universal, pencuri tidak dapat mengubah kartu SIM di ponsel dan berharap untuk menyimpannya. Nomor IMEI di hard-core ke perangkat itu sendiri dan bukan ke kartu, memberikan lapisan identifikasi tambahan yang tak terikat pada sesuatu yang dapat diperuntukan. 

Ketika operator mengetahui suatu perangkat telah dicuri, mereka juga dapat memasukkan kode IMEI ke dalam daftar hitam dan menguncinya dari jaringan. 

Setiap negara memiliki kebijakannya sendiri tentang cara kerjanya, baik menggunakan daftar blokir (mayoritas melakukan ini) atau "daftar yang diizinkan.

Cara Cek IMEI 

Ada beberapa cara untuk memeriksa IMEI di ponsel, salah satunya dengan melihat kardus asli. Anda juga dapat melakukan panggilan telepon ke *#06#.

Cara lain yang dapat dilakukan yakni memeriksa situs Kemenperin dengan pergi ke situs imei.kemenperin.go.id. Kemudian, masukkan nomor IMEI pada ponsel dan klik tombol Search. Nanti akan muncul informasi apakah IMEI ponsel terdaftar atau tidak di Kemenperin.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini