get app
inews
Aa Read Next : Tenang Aman Liburan, Selama Libur Lebaran, Pemkab Tangerang Siapkan Posko Wisata  

Antisipasi Dampak Kekeringan, BPBD Kabupaten Tangerang Siagakan 20 Truk Tangki Air

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 05:36 WIB
header img
BPBD Kabupaten Tangerang siapkan puluhan truk tangki untuk mengantisipasi ancaman kekeringan dan kebakaran bagi lahan pertanian, maupun krisis air bersih bagi warga. (Foto : Diskominfo Kab Tangerang)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpaong.id - Antisipasi Dampak Kekeringan,Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang menyiagakan sebanyak 20 truk tangki air. Diperkirakan kekeringan terjadi akibat cuaca ekstrem terkait fenomena El-Nino.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat mengatakan, puluhan truk tangki dipersiapkan untuk mengantisipasi ancaman kekeringan dan kebakaran bagi lahan pertanian, maupun krisis air bersih bagi warga masyarakat.

"Secara umum, situasi saat ini kita masih dalam keadaan relatif aman. Kita juga sudah melakukan mitigasi bencana dengan dinas terkait seperti Dinas Pertanian dan Dinas Perkin dan juga dengan dinas lainnya. Kita sudah disiapkan 20 mobil tangki apabila dibutuhkan," ucapnya, beberpa hari lalu.

Fenomena El Nino

Dia menyampaikan, musim kemarau dan cuaca yang terik pada fenomena El Nino berpotensi menjadi penyebab kebakaran di wilayah Kabupaten Tangerang.

BPBD mencatat, pada dua pekan terakhir di bulan Agustus 2023 telah terjadi 24 peristiwa kebakaran di wilayah Kabupaten Tangerang, 9 di antaranya disebabkan oleh kebakaran dari rumput liar.

Kebakaran yang disebabkan oleh rumput liar ini, kata Ujat, diakibatkan oleh kelalaian warga dalam beraktivitas. Seperti melakukan pembakaran sampah hingga membuang puntung rokok sembarangan.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dalam melakukan aktivitas, jangan lalai. Kami juga ingatkan jangan melakukan pembakaran sampah di sembarang tempat, karena banyak ditemukan kasus dan pemicunya dari masalah tersebut," ujarnya. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut