get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Saham Apple Anjlok, Buntut China Larang Pejabat Pemerintah Gunakan iPhone

Jum'at, 08 September 2023 | 14:24 WIB
header img
China larang pejabat pemerintah gunakan iPhone (Foto : Apple)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pejabat pemerintah pusat China dilarang menggunakan iPhone. Larangan ini menyebabkan saham Apple anjlok sebesar 3,6 persen, menandai penurunan harian terbesar dalam sebulan. 

The Wall Street Journal melaporkan para manajer telah menyampaikan larangan tersebut kepada staf mereka melalui berbagai cara, termasuk grup chat dan meeting, sebagaimana dikutip dari Gizmo China. 

Sumber-sumber mengindikasikan para pejabat China telah secara informal menghindari iPhone selama beberapa waktu, bahkan sebelum pandemi terjadi, meskipun tidak ada kebijakan formal yang diterapkan.

Ponsel Pintar

Sebaliknya, para pejabat tersebut semakin menyukai ponsel pintar yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri, terutama Huawei.

Perkembangan ini mengikuti tren ketegangan yang lebih luas antara China dan Amerika Serikat, yang menyebabkan pembatasan terhadap berbagai perusahaan teknologi China.

CEO Apple Tim Cook sebelumnya telah melakukan kunjungan penting ke China, menyoroti pentingnya negara tersebut sebagai pasar dan pusat manufaktur, serta menyumbang sekitar 19 persen dari total pendapatan perusahaan.

Larangan iPhone bagi pejabat pemerintah ini mungkin dipandang sebagai pembalasan atas tindakan yang diambil Amerika Serikat terhadap perusahaan teknologi China.

Hal ini berpotensi berdampak tidak hanya pada Apple, tapi juga merek asing lainnya yang sudah mapan beroperasi di China.

Dalam beberapa tahun terakhir, Huawei dan ZTE terus menghadapi pembatasan oleh Amerika Serikat, dan pemerintahan Joe Biden bahkan sampai menghentikan persetujuan peralatan telekomunikasi baru dari perusahaan ini karena risiko keamanan nasional yang dirasakan.

Larangan terhadap iPhone ini bisa menjadi sinyal China tidak bersedia mengecualikan perusahaan AS mana pun dari upayanya mengurangi ketergantungan pada teknologi Amerika.

China mewakili salah satu pasar Apple yang paling signifikan, menghasilkan hampir seperlima dari total pendapatannya. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " China Larang Pejabat Pemerintah Gunakan iPhone, Saham Apple Anjlok ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/techno/gadget/china-larang-pejabat-pemerintah-gunakan-iphone-saham-apple-anjlok.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut