get app
inews
Aa Read Next : Presiden Dianugerahi Gelar Adat di Talaud

Awal Oktober, Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Rabu, 13 September 2023 | 19:49 WIB
header img
Presiden Jokowi menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jokowi akan meresmikan awal Oktober (Foto : Raka Dwi)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Kereta Cepat Jakarta - Bandung. Jokowi berangkat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Rabu (13/9/2023).

Usai melakukan uji coba, Jokowi mengaku nyaman saat menjajal kereta cepat. Bahkan, ia mengaku telah mendatangi dan mengecek proyek kereta cepat sebanyak empat kali. 

"Saya 4 kali datang ke proyeknya kereta cepat tapi memang baru pertama kali tadi mencoba. Nyaman, dan pada kecepatan tadi 350 tidak terasa sama sekali baik saat duduk maupun saat saya berjalan. Sehingga ya ini lah peradaban. Kecepatan, kecepatan." kata Jokowi di Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Rabu (13/9/2023).

Moda Transportasi Massal

Jokowi pun mengatakan akan meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung pada awal Oktober mendatang. Diharapkan masyarakat dapat menggunakannya. "Iya, awal Oktober. Jadi kita harapkan masyarakat bisa menggunakan kereta cepat ini nanti mulai awal Oktober," ucap Jokowi.

Selain kereta cepat, Jokowi berharap masyarakat dapat menggunakan moda transportasi massal lainnya seperti LRT, NRT dan Transjakarta. Dengan begitu, kemacetan hingga polusi bisa teratasi.

"Kita harapkan ada perpindahan dari penggunaan mobil pribadi ke kereta cepat, ke LRT, ke MRT, ke Transjakarta. Sehingga kemacetan di jalan jadi dikurangi, polusi bisa dikurang. arahnya ke situ karena setiap tahun kita kehilangan karena macet di Jabodetabek dan Bandung itu sudah lebih dari Rp100 triliun," tutur dia.

Terkait keamanan dan tarif, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Nanti yang menentukan juga manajemen kereta cepat berdasarkan juga nanti tentu saja konsultasi dengan kementerian perhubungan," jelasnya. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Awal Oktober ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/presiden-jokowi-resmikan-kereta-cepat-jakarta-bandung-awal-oktober.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut