get app
inews
Aa Read Next : Sopir Fortuner Arogan Ternyata Pengusaha, Cuma Ngaku-ngaku Adik Jenderal dan Bukan Anggota TNI

6 Kali Gagal Tes TNI, Ade Arya si Anak Yatim Lolos karena Jago Bahasa Inggris

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 18:43 WIB
header img
Prajurit Siswa Dikmata Kostrad 2023, Ade Arya Koswara. (Foto Youtube TNI AD).

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Prajurit Siswa Dikmata Kostrad 2023, Ade Arya Koswara lolos ujian masuk TNI karena fasih berbahasa Inggris. Pemuda asal Matraman Jakarta Timur ini sebelumnya 6 kali gagal tes TNI.

"Saya waktu daftar 6 kali tidak pernah menggunakan bahasa Inggris, saat ujian terakhir saya beranikan diri," kata Ade dalam akun Youtube TNI AD, Kamis (5/10/2023).

Ade menceritakan saat awal mendaftarkan masuk tes TNI di Kodam Jaya pada tahun 2020. Ketika dinyatakan gagal, Ade bertemu pria lanjut usia yang ingin meminta minumannya. 

"Waktu pulang saya berjalan di Kodam Jaya saya diteriaki bapak-bapak tua meminta air kepada saya. Saya berikan (air minum), saya tanya bapak kenapa ada di Jakarta, ternyata bapak itu sedang kena tipu," ucap dia.

Sesampainya di rumah, anak yatim ini memberikan kabar kepada ibunya bernama Sri Setiati bahwa dirinya tidak lolos tes TNI. Namun orang tua selalu memberikan motivasi agar anaknya menjadi tentara.

"Sampai rumah ketemu orang tua, memberikan kabar seperti itu rasanya tidak kuat nangis. Akhirnya orang tua menguatkan saya untuk terus menjadi tentara," katanya.

Namun pada akhirnya tahun 2023, Ade yang bercita-cita menjadi tentara kembali mengikut tes TNI. Ketika tes ujian penentuan akhir dinyatakan lolos masuk TNI. 

"Penentuan akhir bertemu Pangdam Jaya tidak ada pertanyaan, namun dinyatakan lolos mengikuti pendidikan," katanya.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut